Diduga Langgar UU ITE, Babinsa Ditindak

Sabtu, 23 Mei 2020 | 22:10 WIB
Medan, MPOL.Com : Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, memimpin upacara penjatuhan hukuman disiplin militer kepada personel Kodim 0201/BS, atas nama Serka H di Aula Makodim Jalan Pengadilan Medan, Jumat (22/5).
Disiplin militer ini diberikan terkait dugaan pelanggaran UU ITE yang dilakukan istri Serka H berinisial LSK.
Menurut informasi dihimpun, tindakan penjatuhan disiplin militer ini dilakukan terkait dengan beberapa temuan dari materi unggahan di media sosial yang diduga bermuatan negatif yang dilakukan LSK, istri dari Serka H yang merupakan anggota Koramil 05/MB.
Melalui upacara itu, Dandim 0201/BS memberikan tindakan tegas berupa penjatuhan hukuman disiplin militer kepada prajurit tersebut. Sedangkan untuk LSK diteruskan proses hukumnya hingga pelaporan ke pihak kepolisian.
Roy Hansen mengambil dua tindakan terkait kasus ini. Yaitu pertama, berdasarkan UU No 25/2014 tentang hukum disiplin militer dan kode etik prajurit TNI  yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Lalu ST Kasad No 3029/2018 tentang penggunaan media sosial anggota TNI-AD dan keluarganya dan ST Kasad No 166/2020 tentang penggunaan medsos anggota TNI-AD dan keluarganya.
Maka dijatuhkan hukuman disiplin militer terhadap Serka H, berupa penahanan ringan sampai dengan 14 hari karena dinilai tidak mentaati perintah kedinasan yang sudah dikeluarkan berulang kali.
Tindakan kedua yaitu terhadap istri Serka H, LSK, yang mengunggah konten negatif tersebut, akan didorong dan diteruskan proses hukumnya atas dugaan pelanggaran terhadap UU No 19/2016 tentang perubahan atas UU No 11/2008 tentang ITE dengan pelaporan kepolisian sesuai prosedur hukum yang ada.
Upacara penjatuhan hukuman dihadiri seluruh perwira staf dan prajurit berpangkat Serka ke atas dan disaksikan oleh Asintel Kodam I/BB Kol Inf Baginta Bangun.