Bupati Pakpak Bharat Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021

Minggu, 9 Mei 2021 | 19:31 WIB
Pakpak Bharat, MPOL: Terhitung tanggal 06 s/d 17 Mei 2021, Polres Pakpak Bharat  menggelar operasi guna mengamankan perayaan Hari Besar Idul Fitri, dengan sandi Operasi Ketupat Toba, yang ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Pembina Apel kepada petugas gabungan dalam apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Napasengkut Salak, Minggu (9/05/2021).

Bertindak selaku Pembina Apel Bupati Franc Bernhard Tumanggor, sementara Perwira Upacara Kabag Ops Polres Pakpak Bharat AKP Ramli Simanjorang dengan Komandan Apel adalah Ipda Tomi Elvisa Ginting yang menjabat sebagai Kanit Laka pada Satuan Lalulintas Polres Pakpak Bharat.

Dalam arahan Kapolri,dibacakan Bupati Pakpak Bharat  antara lain menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini sebagai bentuk persiapan akhir baik pada aspek personil, maupun sarana dan prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda setempat, dan mitra Kamtibmas lainnya sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat serentak besok tanggal 10 Mei 2021. Operasi ini digelar dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dimana menjelang perayaan ini trend kasus covid 19 mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat. Maka sekaitan dengan hal ini Pemerintah telah membuat kebijakan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun ini. Semangat dalam operasi ketupat 2021 ini adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaan covid19 dengan penyekatan dan penegakan terhadap disiplin protokol kesehatan . Tujuan utama operasi ini adalah masyarakat dapa merayakan idul fitri dengan aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya covid19.

Dalam Upacara Apel gelar Pasukan ini Bupati Pakpak Bharat selaku Pembina melakukan Pemeriksaan Pasukan yang melibatkan ratusan anggota  TNI, Polri, Polisi Pamong Praja, Satuan Dinas Perhubungan, Petugas Kesehatan, serta petugas terkait lainnya. Terlihat juga puluhan kendaraan pendukung dan kendaraan taktis lainnya juga disiagakan dalam upacara ini. Ratusan personil ini nantinya akan ditempatkan di beberapa pos yang telah ditentukan khususnya pada pintu-pintu masuk wilayah Pakpak Bharat.

Sementara itu, Bupati Franc Bernhard Tumanggor berpesan kepada segenap personil yang bertugas nantinya agar dalam bertugas tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan, serta mengedepankan langkah preventif  secara humanis.

Turut hadir dalam apel itu antara lain Plt. Ketua DPRD  Elson Angkat, Kapolres  AKBP Alamsyah P Hasibuan, SIK, Dandim 0206 Dairi Letkol Arm. Aditya Yuni Nurtono, SH, perwakilan Kajari Dairi serta beberapa undangan lainnya. **