Bahas Bidang Perdata Dan TUN, Cabjari Pancur Batu MOU Dengan Pemerintahan Kecamatan Kutalimbaru

Rabu, 18 November 2020 | 20:08 WIB

 

Kutalimbaru, MPOL: Setelah sepekan yang lalu melakukan MoU dengan pemerintahan Kecamatan Sibolangit, kali ini pihak Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Deli Serdang di Pancur Batu melaksanakan Master of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kecamatan Kutalimbaru, Kamis (18/11) pagi. MoU yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Kutalimbaru itu dimaksudkan untuk menjalin kerjasama diantara kedua belah pihak terkait bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kacabjari Pancur Batu Dody Wiraatmaja, SH, Yudi Syahputra, SH selaku Jaksa Pengacara Negara (JPN) dari Kantor Pengacara Negara di Cabjari Pancur Batu, Rizaldi, SH, Camat Kutalimbaru Faisal Nasution, SSTP serta seluruh kepala desa se-Kecamatan Kutalimbaru.

Kacabjari Pancur Batu melalui Yudi Syahputra, SH ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, kegiatan MoU tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk produk dari bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada Cabjari Deli Serdang di Pancur Batu.

“Kita harapkan dengan adanya MoU ini, masyarakat bisa terbantu dengan permasalahan-permasalahan hukum, serta konflik-konflik sosial. Dimana, baik dari pihak pemerintahan maupun masyarakat dapat meminta saran, meminta apa yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan terkait hukum dan sosial,” ujar Yudi.

Dijelaskannya, jika nanti ada permasalahan di pemerintahan maupun di tengah-tengah masyarakat terkait hal dimaksud, khususnya di Kecamatan Kutalimbaru, pihak Cabjari Pancur Batu siap memberikan pendampingan selaku Jaksa Pengacara Negara.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali, di seluruh kecamatan yang masuk dalam pendampingan Kantor Pengacara Negara di Cabjari Pancur Batu,” terangnya.

Sementara itu, Camat Kutalimbaru Faisal Nasution, SSTP mengaku, menyambut baik dan mengapresiasi MoU diantara Cabjari Pancur Batu dengan pemerintahan Kecamatan Kutalimbaru terkait bidang Perdata dan Tata Usaha Negara tersebut.

“Selama ini, pihak Kecamatan Kutalimbaru memang butuh pendampingan dari aspek hukum. Ini juga merupakan satu momentum kedepan bagi pemerintah Kecamatan Kutalimbaru dan Kejaksaan Pancur Batu agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” sebutnya.

Camat juga berharap, kedepannya kepala desa, khususnya di Kecamatan Kutalimbaru ini, tidak lagi bingung apabila terjadi permasalahan dalam melaksanakan tugasnya baik di bidang perdata maupun Tata Usaha Negara, karena sudah ada pendampingan dan bantuan hukum dari Kejaksaan. Yang pada akhirnya tujuan MoU ini untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan, dengan adanya MoU dimaksud, pihak pemerintahan khususnya di Kecamatan Kutalimbaru bisa lebih memahami dan dapat mengantisipasi adanya permasalahan hukum atau konflik-konflik sosial terkait bidang Perdata dan Tata Usaha Negara,” terangnya.**