Antisipasi Bentrok Susulan, Polsek Padang Tualang Mediasi Dua Ormas

Senin, 6 September 2021 | 19:52 WIB

Stabat, MPOL: Muspika Kecamatan Padang Tualang, melakukan mediasi dua organisasi kemasyarakat (ormas), Senin ( 6/9/21 ) pagi.

Dua kelompok Ormas yang sempat bentrok di areal PT MNJ Padang Tualang Jumat (3/9/21) lalu yakni FTI – KSPSI 1973 pimpinan Pengadilen Sembiring SH dengan FSPTI – KSPSI pimpinan Iskandar PA

Mediasi yang digelar di Mapolsek Padang Tualang Polres Langkat, dihadiri unsur Muspika Kecamatan Padang Tualang diantaranya Kapolsek Padang Tualang, AKP Tarmizi Lubis,  Camat Padang Tualang, H Ramlan Lubis SE,  Lurah Tanjung Selamat, Hanifah Chaniago.

Tampak juga hadir Humas PT MTJ Arif, Kanit Intel, MA Ginting, personel Koramil 10, Rahmat Sihotang dan perwakilan kedua Ormas yakni Nazar Bakti Nst,  Hadi, Nur Afni dari KSPSI serta Misnan,  Herman dan Tomi dari KSPSI 1973.

Kapolsek Padang Tualang, AKP Tarmizi Lubis meminta kedua belah pihak yang bertikai agar dapat menahan diri serta menghindari hal-hal yang dapat menggangu Kamtibmas di Kecamatan Padang Tualang.

“Untuk itu dalam forum ini saya menghimbau kepada kita semua pihak agar dapat menyelesaikan masalah ini dengan kepala dingin dan hati yang lapang agar dapat tercapai kesepakatan bersama. Jangan adanya masalah ini keamanan dan ketertiban masyarakat terganggu,” harapnya.

Untuk itu, kapolsek menghinbau kedua ormas agar dapat duduk bersama menentukan poin – poin kesepakatan sehingga pertikaian ini tidak terulang lagi.

Sementara itu Camat Padang Tualang, H Ramlan mengapresiasi langkah Kapolsek yang bergerak cepat melakukan mediasi.

“Tentunya langkah ini patut kita apresiasi karena melalui mediasi ini mudah-mudahan menemukan titik terang sehingga dapat menghindari masalah yang tidak kita inginkan. Tentu kita tidak ingin kejadian serupa terulang kembali. Oleh sebab itu marilah kita untuk mendewasakan diri dalam bertindak tanpa harus mengedepankan emosi dan kekerasn,” ungkap H Ramlan SE.

Seperti diketahui, beberapa hari ini kedua ormas nyaris bentrok di areal PT Mulia Tani Jaya Bukit Tua,

Kejadian ini disinyalir terjadi akibat pemasangan Plang salah satu ormas sehingga ormas yang satu lagi tidak dan nyaris bentrok.

Untung aksi saling serang itu tidak terjadi karena petugas bertindak cepat dan sigap mengamankan lokasi kejadian sehingga dapat meredakan kericuhan yang terjadi. (*)