2 Residivis Pelaku Curanmor Disikat Polisi, 1 Ditembak, Penadah Turut Dibekuk

Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:33 WIB

Patumbak, MPOL : Polsek Patumbak kembali mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Dalam pengungkapan ini, petugas meringkus 2 pelaku curanmor dan seorang penadahnya.

Kedua pelaku curanmor yang ditangkap berinisial AAN (37) warga Jl. Garu IX No. 9, Kec. Medan Amplas dan OPS (29) warga Jl. Bajak V Gg. Hombing, Kec. Medan Amplas.

“Kedua pelaku kita amankan karena mencuri sepeda motor Honda Beat BK 4848 AJU milik korban Monica Sitanggang (32) warga Jl. Pertahanan Gg. Amal Dusun II, Desa Patumbak Kampung, Kec. Patumbak, Deli Serdang,” kata Kanit Reskrim Polsek Patumbak, Iptu Ridwan, Jumat (15/10/2021) malam.

Ridwan menjelaskan, aksi curanmor itu bermula pada Kamis (7/10/2021) sekira pukul 19.00 WIB, dimana sepeda motor lorban diparkirkan di depan kios ponsel miliknya di Jl.Pertahanan Desa Patumbak Kampung, Kec. Patumbak. Kemudian, sekira pukul 20.00 WIB oleh suami korban menerangkan bahwa sepeda motor yang diparkir di depan kios tersebut sudah tidak ada lagi.

Mendengar penjelasan sang suami, korban lalu mencari sepeda motornya dan tidak menemukannya. Atas kejadian tersebut korban membuat laporan ke Polsek Patumbak dengan bukti LP/B/583/X/2021/ SPKT /Polsek Patumbak/ Polrestabes Medan, tanggal 8 Oktober 2021.

Menindaklanjuti laporan korban, petugas Unit Reskrim Polsek Patumbak dipimpin Kanit Reskrim Iptu Ridwan bersama Panit Reskrim Ipda M. Yusuf Dabutar melakukan penyelidikan di seputaran tempat kejadian perkara (TKP) dan mengidentifikasi identitas pelakunya.

“Pada Kamis 14 Oktober 2021 malam, kita meringkus salah seorang pelaku AAN di Jl. Selambo Gg. Permai, Desa Amplas, Kec. Percut Sei Tuan. Saat diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya dan melakukan pencurian bersama rekannya, OPS,” kata Kanit.

Pelaku curanmor AAN terduduk di kursi roda usai kakinya ditembak. (Foto: Ist).

Selanjutnya, sambung mantan Panit Reskrim Polsek Medan Kota ini, petugas bergerak cepat dan berhasil mengamankan pelaku OPS di J. Bajak V Gg. Hombing, Kel. Harjosari II, Kec. Medan Amplas.

“Kemudian kita interogasi dengan menayakan kepada kedua pelaku tentang keberadaan sepeda motor yang dicuri. Keduanya pun mengaku bahwa sepeda motor korban sudah dijual kepada seseorang berinisial AM di Jl. Garu I, Kec. Medan Amplas,” terangnya.

Selanjutnya petugas melakukan pengembangan untuk menyelidiki keberadaan AM. Pada saat akan menangkap AM, pelaku AAN berusaha melarikan diri dan melawan dengan memukul petugas. Karena ulah pelaku, petugas langsung memberikan tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku dan tepat mengenai sasaran kaki sebelah kanan pelaku.

Kemudian, kedua pelaku curanmor ini berikut dan penadah barang curian diboyong ke Mapolsek Patumbak, dimana sebelumnya pelaku AAN dibawa ke RS Bhayangkara Medan untuk perawatan medis karena luka tembakan di kaki kanannya.

“Kedua pelaku AAN dan OPS ini merupakan residivis kasus curanmor dan menjalani hukuman penjara beberapa tahun yang lalu,” ujarnya.

Dari para pelaku, petugas mengamankan barang bukti uang sisa penjualan sebesar Rp. 550.000 dan sebuah kaos putih. *