Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:56 WIB

Bantahan Polres Tebing Tinggi

Tebing Tinggi, 28 Oktober 2021

Nomor : B/ 4305/ X/ 2021/ Reskrim
Klasifikasi : BIASA
Lampiran : –
Perihal : Bantahan/ Sanggahan Berita

Kepada Yth. PIMPINAN REDAKSI MEDIA ONLINE MEDAN POS ONLINE

di Medan

1. Rujukan :
a. Undang-undang No. 2 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara RI
b. Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.
c. Laporan Polisi Nomor : LP/ B / 366/ V/ 2021/ SPKT T. TINGGI, tanggal 24 Mei 2021.

2. Sehubungan dengan pemberitaan di Media Online MEDAN POS ONLINE edisi hari Kamis tanggal 28 Oktober 2021 halaman 8 kolom utama berjudul, “Kapolres Tebing Tinggi Diduga Lindungi Perampok??, Kuna SH: Ironis Barang Bukti Dikuasai Terduga Pelaku,” dengan reporter ‘jos’ dan editor Jos Marlin Tambunan dapat kami sampaikan bantahan bahwa terdapat kekeliruan pada isi berita tersebut :

a. Pertama tertulis di alenia pertama “Kepala Polisi Resor Tebing Tinggi dituding melindungi terduga perampok. Pasalnya, walau terduga perampok inisial WJS sudah mengakui merampas mobil Inova reborn warna hitam metalik BK.1698 WT dari tangan Sofyan Nasution namun polisi tidak melakukan penahanan bahkan tidak menyita mobil sebagai barang bukti dari WJS.”

b. Kedua tertulis di alenia kedua “Ironisnya, korban melaporkan kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) sesuai pasal 365 KUHPidana namun oleh oknum penyidik diduga mempelesetkan  menjadi kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) sesuai pasal 363 KUHPidana.”

3. Kami menyatakan bahwa isi berita didalam alenia pertama dan kedua tersebut tidak benar dan yang benar adalah sebagai berikut :
a. Pihak Polres Tebing Tinggi tidak benar melindungi perampok dan Polres Tebing Tinggi masih mendalami kasus perampasan 1 unit mobil yang terjadi di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Rantau Laban Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi dan Kasus ini telah dilaporkan oleh Sofyan Nasution ke Polres Tebing Tinggi dengan Laporan polisi Nomor : LP/ 366/ V / 2021/ SPKT T. TINGGI dengan pelaku dalam lidik.

b. Sat Reskrim Polres Tebing Tinggi telah melakukan cek olah TKP dan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi yakni, Sofyan Nasution sebagai pelapor, Adi Darminto sebagai korban, Joko Novandi dari PT ACC, Rutlija Silitonga dari Balai Lelang Serasi dan pemeriksaan terhadap Wesly Jumontang Silalahi sebagai saksi.

c. Penyidik juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan kepada saksi PT. Astra Sedaya Finance guna menentukan ke absahan perjanjian kredit antara Wesly Jumontang Silalahi dengan pihak PT Astra Sedaya Finance terkait pembelian 1 unit mobil toyota kijang innova tersebut secara kredit dan legalitas prosedur penarikan mobil toyota kijang innova tersebut.

d. Penyidik juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan saksi Balai Lelang Serasi terkait prosedur pelelangan atas mobil toyota kijang innova tersebut, dan melakukan pemeriksaan lanjutan saksi Adi Darminto selaku pemenang lelang serta pemeriksan lanjutan saksi Wesly Jumontang Silalahi terkait keabsahan perjanjian kredit dengan PT. Astra Sedaya Finance.

e. Polres Tebing Tinggi juga akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui teman-teman dari Wesly Jumontang Silalahi saat melakukan pencurian. Sat Reskrim juga akan melakukan gelar perkara pada hari Jumat tanggal 29 Oktober 2021 besok, dengan menghadirkan pihak pelapor dan korban dan Penasehat Hukumnya guna menentukan langkah langkah proses penyidikan selanjutnya.

4. Terkait isi berita di alenia kedua mengenai Pasal yang dikenakan, sesuai dengan Laporan Polisi mengenai dugaan pencurian, maka penyidik mempersangkakan sesuai dengan Laporan Polisi yaitu Pasal 363 KUHPidana. Namun penyelidikan tetap dilakukan guna mengetahui proses penyidikan tindak pidana secara maksimal dan Pasal yang tepat dipersangkakkan terhadap terduga pelaku.

5. Jadi sekali lagi kami jelaskan, pihak Polres Tebing Tinggi tidak ada melindungi perampok dan kasus ini masih dalam penyelidikan. Terkait status tersangka dan penyitaan barang bukti akan diketahui pada hasil pemeriksaan lebih lanjut dan kami harapkan bantahan berita ini dapat dimuat di Media Online Medan Pos Online.

6. Demikian bantahan/ sanggahan ini dari kami perbuat dan atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

a.n. KEPALA KEPOLISIAN RESOR TEBING TINGGI
KASAT RESKRIM
Selaku Penyidik

WIRHAN ARIF, S.H., S.I.K, M.H
AJUN KOMISARIS POLISI NRP 83091416

Tembusan :
1. Kapolda Sumut.
2. Dir Reskrimum Polda Sumut
3. Kabid Humas Polda Sumut.