Tingkatkan EBT, PLN UIW Sumut Teken MoU PLTBg Pasir Mandoge

Kamis, 1 April 2021 | 21:58 WIB

Medan, MPOL : Untuk mendukung pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT), PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara menadatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBL) PLTBg Pasir Mandoge 2MW dengan PT Karya Mandoge Energi, Kamis (01/04), di Kantor PLN UIW Sumut.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh General Manager PLN UIW Sumatera Utara Pandapotan Manurung dan Direktur Utama PT Karya Mandoge Energi Yudhistira Wiryawan.

Berlokasi di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, PLTBg Mandoge memanfaatkan limbah cair (POME) dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN IV.

PLTBg Mandoge direncanakan beroperasi untuk memperkuat sistem kelistrikan Sumatera Utara pada awal Juli 2021 melalui jaringan distribusi 20KV penyulang PM06 PLN UP3 Pematangsiantar.

General Manager PLN UIW Sumut, Pandapotan Manurung, menyampaikan terimakasih atas partisipasi PT Karya Mandoge Energi dalam meningkatkan pemanfaatan EBT khususnya di Sumatera Utara.

“Saya sampaikan selamat dan terimakasih kepada PT Karya Mandoge Energi atas perannya mendukung EBT. Mari bersama kita tingkatkan ketahanan energi Sumut,” jelasnya.

Pandapotan mengatakan Sumatera Utara memiliki banyak potensi sumber daya energi baru terbarukan. Dengan kerjasama pemerintah, PLN dan pengembang, dia yakin target bauran EBT nasional sebesar 23 persen pada 2025 dapat tercapai. Sementara itu, Per Desember 2020 bauran Energi Baru Terbarukan di Sumatera Utara sebesar 41,5 persen..

Direktur Utama PT Karya Mandoge Energi, Yudhistira Wiryawan, menyampaikan apresiasi atas dukungan PLN dalam proses peningkatan bauran EBT.

“Sebuah proses yang panjang hingga kita masuk pada tahap ini yaitu penandatanganan MOU. Saya ucapkan terimakasih kepada PLN yang telah mendukung penuh PT Karya Mandoge Energi sehingga terealisasi penandatanganan MoU ini,” pungkasnya. **