Tiga Minggu Air Tak Mengalir di Pancur Batu

Minggu, 22 November 2020 | 22:52 WIB

 

Pancur Batu, MPOL : Masyarakat Desa Namo Simpur, Kecamatan Pancur Batu, Kab. Deli Serdang mengeluh, karena  aliran air dari PDAM Tirtanadi  tak lagi mengalir di rumah mereka. Kondisi ini sudah lebih kurang tiga minggu lamanya dan tak ada pemberitahuan sama sekali kepada masyarakat.

Sejumlah warga Desa Namo Simpur kepada wartawan, Minggu (22/11) sore mengatakan, saat ini mereka merasa kesusahan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. “Jangankan untuk mandi, untuk memasak nasi (lauk pauk) dan air minum pun kami kesulitan.  Dampaknya, kalau untuk mandi dan mencuci kami terpaksa pergi ke sungai, dan untuk kebutuhan dapur, kami harus membeli air isi ulang di depot air terdekat,” ungkap salah seorang warga bermarga Tarigan.

Dijelaskannya, selama ini masyarakat Desa Namo Simpur tidak kesulitan mendapatkan air bersih, karena aliran air dari PDAM Tirtanadi masih lancar. Namun, sejak tiga minggu yang lalu hingga saat ini aliran air bersih tak lagi mengalir. “Meski kami putar keran ke kanan selama 24 jam, bak pengisian air kami tak juga berisi air. Untuk mendapatkan setetes air saja kami kesulitan, sementara di  wilayah lainnya tetap mengalir lancar,” terangnya.
Mereka juga menyayangkan sikap dari pihak PDAM Tirtanadi yang sama sekali tak ada memberi pemberitahuan soal kondisi aliran air yang tak mengalir tersebut. “Seharusnya kan pihak PDAM Tirtanadi melakukan pemberitahuan terlebih dahulu melalui media massa jika memang ada gangguan atau kerusakan di bagian pengolahan air. Sehingga kami masyarakat bisa memakluminya dan bisa melakukan antisipasi, bukannya main putus aja,” sebutnya.
Terpisah, masyarakat Desa Lama, Kec. Pancur Batu  juga mengaku, hingga saat ini kesulitan mendapatkan air bersih dari PDAM Tirtanadi.  Bagi masyarakat dari kalangan ekonomi menengah keatas memang bisa mendapatkan air bersih dengan cara menggunakan sumur bor.
“Bukan hanya masyarakat Desa Namo Simpur saja yang kesulitan mendapatkan air bersih dari PDAM Tirtanadi, kami masyarakat di Desa Lama pun juga terimbas kesulitan  air bersih untuk kebutuhan sehari-hari” ucap salah seorang warga Desa Lama Daniel Sembiring.
Untuk itu masyarakat minta kepada pihak PDAM Tirtanadi agar segera melancarkan kembali aliran air ke rumah-rumah warga, khususnya di dua desa, Kecamatan Pancur Batu ini. “Tolong pak dengarkan keluhan kami, setiap bulan kami bayar rekening air, tapi kami malah kesulitan mendapatkan air bersih,” tandas warga. **