Sambut Natal Oikumene, Umat Nasrani dan Muslim Terima Sembako

Rabu, 24 November 2021 | 17:46 WIB
Taput, MPOL : Sambut Natal Oikumene Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tahun 2021, ratusan umat nasrani dan muslim terima sembako berupa beras, minyak goreng, gula dan susu.
     Mereka yang mendapat bantuan bakti sosial dari Pemkab Taput para warga kurang mampu yaitu, janda, duda, penderita kanker, lansia, anak yatim piatu dan anggota karang taruna. Penyerahan sembako itu dipusatkan di gedung Sopo Partukkoan Tarutung, Rabu (24/11/2021).
     Paket sembako yang diberikan bersumber dari anggaran APBD serta donasi para donatur Bank Sumut, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan serta PT SC Siborongborong.
     Bupati Taput Drs. Nikson Nababan menyampaikan pelaksanaan bakti sosial dalam rangka menyambut dan memeriahkan Natal Oikumene. “Bakti sosial yang kita lakukan dalam rangka berbagi kasih menyambut Natal, semoga bisa bermanfaat,” ungkapnya.
     Pada kesempatan itu, Nikson Nababan meminta dukungan dan doa dari masyarakat Taput agar apa yang menjadi visi misi bisa tercapai. “Mari kita doakan apa yang kita cita-citakan bersama diantaranya Universitas Negeri Umum, penambahan anggaran guna infrastruktur bisa terwujud,” tegas Nikson.
     Dalam kesempatan itu, Nikson mengakui belakangan ini banyak keluhan masyarakat mengenai air minum. “Banyak pelanggan PDAM mengeluh airnya macet bahkan mati, nah, tahun ini sudah dibangun pipa distribusi air minum, kita harapkan tahun 2023 tidak ada lagi terganggu jaringan air minum usai jaringannya dibenahi,” sebutnya.
     Nikson juga mengimbau untuk menekan melonjaknya kembali Pandemi agar perantau jangan mudik Natal dan Tahun Baru. “Kita tidak ingin seperti tahun lalu usai natal dan tahun baru kasus melonjak dan mengganggu penggunaan anggaran untuk pembangunan akibat harus direcofusing,” urainya.
     Sementara Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Taput Satika Simamora menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab serta para donatur sehingga berbagi kasih terwujud. “Selaku ketua YKI, saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab, panitia serta donatur. Semoga berkat melimpah bagi yang memberikan donasi kepada yang kurang mampu,” katanya.
     Satika mengatakan berbagi kasih dalam rangka menyambut Natal Oikumene bukan hanya menyalurkan Sembako bagi umat Nasrani tapi turut menyentuh kaum Muslim. “Kita sudah banyak lakukan aksi sosial bagi penderita kanker serta tumor, berbagi kasih harus menyentuh semua kalangan walaupun dalam agenda apapun, seperti ini kita lakukan dalam menyambut Natal Oikumene, teman kita dari umat muslim harus kebagian. Saya ingin ini berkelanjutan dimasa mendatang,” harapnya.
     Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Samsul Pandiangan merasa terharu dan mengakui toleransi yang cukup tinggi di Taput terjaga dengan baik. “Saya terharu, kaum muslim dan umat Nasrani berbarengan dapat Sembako dalam rangka Baksos menyambut Natal Oikumene. Semoga kerukunan dan jalinan silaturahmi antar umat beragama tetap terpelihara,” pintanya.
     Mari kita suarakan, bahwa Tapanuli Utara damai dan tinggi peradaban beragama, sehingga suku di negara Indonesia dapat pelajaran yang barharga dari Tapanuli Utara.
     Selain menyalurkan paket Sembako, Ketua YKI Satika Simamora juga memberikan kaos dan susu kepada masyarakat yang hadir. **