Ribuan WNI Setiap Tahunnya Berobat Jantung Ke IJN Malaysia

Kamis, 22 September 2022 | 19:10 WIB

Medan, MPOL- Diperkirakan rata-rata setiap tahunnya, sebanyak 6.000 Warga Negara Indonesia (WNI) berobat jantung ke Institut Jantung Negara (IJN) yang berada di Kuala Lumpur Malaysia. Sedangkan dari Medan, Sumatera Utara sendiri diperkirakan sebanyak 1.000 orang rata-rata per tahun.

Hal tersebut disampaikan Muhammad Hairi Hananiah selaku Country Manager Indonesia didampingi Nor Suzilawati Idris selaku Assistant Manager Corporate Communications IJN Malaysia, saat mengikuti Pameran Rumah Sakit Malaysia atau Malaysia Healthcare Expo di Centre Point Mall Medan pada 22-25 September 2022.

Muhammad Hairi Hananiah menyebutkan, IJN yang didirikan pada 1 Agustus 1992 merupakan institusi spesialis jantung yang berkomitmen untuk memberikan standar lanjutan dalam pengobatan kardiovaskular dan toraks untuk pasien jantung dewasa dan anak.

“IJN merupakan Institusi Perawatan Kesehatan yang berdiri sendiri untuk Perawatan Kardiovaskular & Toraks dan sudah mendapatkan pengakuan sebagai salah satu Pusat Kardiovaskular dan Toraks terkemuka di kawasan Asia,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (22/9/2022).

Dia menyebutkan, IJN telah melayani pasien internasional dari seluruh dunia, sedangkan dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, pasien yang berobat ke IJN didominasi oleh pasien dari negara Indonesia, baik untuk medical check up, rawat jalan, hingga rawat inap.

“Minat orang Indonesia untuk melakukan perawatan ke IJN rata-rata per tahun diperkirakan mencapai 6.000 baik untuk medical check up, rawat jalan, dan rawat inap khusus jantung anak dan dewasa. Kalau dari Medan ada sekitar 1.000 orang per tahun,” ujarnya.

Dia menyebutkan, meskipun IJN telah lama menjadi rumah sakit di Malaysia, IJN juga telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pusat perawatan jantung terbaik di dunia.

“Kami secara konsisten bekerja untuk merintis perawatan pasien jantung yang inovatif dan didukung secara ilmiah, terutama prosedur invasif minimal serta perawatan yang lebih baik untuk komplikasi jantung yang lengkap,” terangnya.

Tahun ini, IJN adalah yang pertama di Asia Tenggara yang melakukan prosedur elektrofisiologi yang sangat kompleks menggunakan perangkat jantung Acutus. Itu juga yang pertama di wilayah ini yang memperkenalkan perangkat balon revolusioner yang disebut Sistem Cryoablation POLARx.

“Khusus bagi pasien Indonesia kalau mau ke IJN, kita punya fasilitas yang bisa bantu mereka untuk membuat janji dengan dokter dan datang memesan hotel. Kita juga sediakan penjemputan yang gratis juga. Untuk masalah bahasa juga tidak ada masalah kita masih serumpun,” ujarnya.

Sekarang ini, lanjutnya, IJN hadir ini Malaysia Healthcare Expo di Medan ini juga menawarkan paket diskon. Untuk diskon apa saja bisa diketahui dengan mengunjungi booth yang ada di pada Malaysia Healthcare Expo di Center Poin Medan. (Dro).