Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan di Usia Muda

Jumat, 26 Agustus 2022 | 14:44 WIB

Jakarta, MPOL: Sebagian orang berpikir bahwa memiliki asuransi kesehatan hanya diperlukan ketika sudah menginjak masa tua. Padahal, beragam jenis penyakit ringan hingga serius bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal kelompok usia.

Memiliki asuransi kesehatan sejak muda juga bisa meringankan beban finansial jika membutuhkan biaya pengobatan yang besar di masa depan. Untuk itu, diperlukan asuransi kesehatan terbaik sebagai perlindungan kesehatan tubuh untuk Anda maupun keluarga.

Berbagai jenis premi asuransi kesehatan dapat Anda peroleh sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan sejak usia muda:

  1. Mendapatkan akses pengobatan secara langsung ketika menderita penyakit tertentu seperti stroke, kanker atau penyakit jantung.
  2. Memberikan perlindungan kesehatan bagi Anda dan keluarga ketika memerlukan biaya pengobatan yang tinggi secara tidak terduga, misalnya untuk mengobati penyakit yang diderita akibat efek kecelakaan.
  3. Meminimalisir biaya pengeluaran saat Anda atau anggota keluarga membutuhkan pengobatan jangka panjang.
  4. Dari berbagai jenis premi asuransi yang ada, jumlah premi yang dibayarkan pada asuransi kesehatan umumnya cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan memiliki asuransi kesehatan di usia lanjut.
  5. Beberapa asuransi kesehatan swasta menawarkan polis yang menanggung biaya pemeriksaan kesehatan secara rutin. Polis ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi berbagai masalah kesehatan lebih awal sehingga bisa diobati lebih cepat.

Besaran Premi Asuransi Kesehatan

Premi asuransi kesehatan merupakan premi yang perlu dibayarkan agar bisa menerima jaminan perlindungan kesehatan ketika jatuh sakit.

Setelah membayar premi asuransi tersebut, biaya pengobatan yang meliputi biaya rawat inap, rawat jalan, operasi, perawatan hinga biaya obat-obatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Besaran premi asuransi kesehatan yang harus dibayarkan dapat disesuaikan dengan limit pertanggungan yang dipilih, biasanya mulai dari Rp150.000.

Kiat Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Sebelum memilih perusahaan Asuransi Kesehatan yang tepat, Anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Memahami Riwayat Kesehatan

Memahami riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami menjadi salah satu hal penting yang harus Anda lakukan.

Apalagi, jika Anda memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi junk food dan jarang berolahraga. Anda perlu memilih asuransi kesehatan dengan  layanan polis yang menanggung biaya medical check up secara berkala.

2. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang relatif mahal, oleh karena itu Anda harus memilih perusahaan asuransi kesehatan dengan premi yang besarannya sesuai dengan budget Anda.

Beberapa perusahaan asuransi umumnya akan merekomendasikan produk yang sesuai dengan penghasilan. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kewajiban untuk membayar premi setiap bulannya.

3. Pilih Asuransi Kesehatan dengan Perlindungan Maksimal

Pilihlah asuransi kesehatan dengan perlindungan maksimal, misalnya dengan membeli asuransi dengan penawaran satu polis untuk seluruh anggota keluarga atau layanan gratis asuransi kecelakaan diri.

4. Pahami Syarat dan Ketentuan yang Ditentukan

Pastikan Anda memahami seluruh persyaratan serta ketentuan yang diberikan oleh pihak asuransi, Bila perlu Anda bisa menanyakan terkait kebijakan serta layanan yang ditawarkan secara lebih detail.

Saat ini terdapat banyak perusahaan asuransi kesehatan dengan penawaran benefit yang beragam.

Sebagai informasi, berikut 10 asuransi kesehatan berkualitas yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan:

  1. AXA Mandiri Smartcare Executive
  2. Simas Sehat Gold
  3. Astra Garda Healthtech
  4. BRI Life Dasetera
  5. AIA Hospital & Surgical Protection
  6. Prudential PRUPrime HealthCare Plus
  7. Allianz SmartHealth Maxi Violet
  8. Manulife MiUltimate HealthCare
  9. Chubb Hospital Cashback Protection
  10. Lippo HealthPlus Family.

Semua perusahaan tersebut telah memiliki semua kriteria asuransi kesehatan yang kredibel dan terpercaya, diantaranya bekerja sama dengan banyak rumah sakit rekanan, memiliki manfaat pertanggungan yang lengkap, hingga menawarkan limit asuransi yang sesuai dengan biaya rumah sakit serta premi yang harus dibayarkan oleh tertanggung.

Beberapa perusahaan asuransi kesehatan seperti AIA Hospital & Surgical Protection dan Prudential PRUPrime HealthCare Plus bahkan memiliki polis asuransi yang dapat digunakan hingga ke luar negeri

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya memiliki asuransi kesehatan sejak usia muda. Dengan memanfaatkan asuransi kesehatan Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya pengobatan tak terduga di kemudian hari.

Jadi, tunggu apalagi, mulailah untuk mendaftarkan asuransi kesehatan di perusahaan yang telah direkomendasikan di atas!.***