Pengamat: Pertanian Kota Medan Harus Smart, Modern dan Berkelanjutan

Kamis, 14 Januari 2021 | 09:09 WIB

Medan, MPOL : Pengamat pertanian Muhammad Fadly Abdina, SP, M.Si menyampaikan pertanian Kota Medan harus smart, modern, dan berkelanjutan.

“Di bawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota terpilih (nantinya) pertanian Kota Medan ke depan harus smart, modern, dan berkelanjutan,” ujar Fadly Abdina dalam keterangannya di Medan, Kamis pagi.

Wakil Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Prov Sumut ini menjelaskan, setidaknya Kota Medan ke depan dapat melakukan setidaknya empat poin penting dalam mewujudkan hal tersebut, yaitu:

1. Sinergitas bersama perguruan tinggi. Sebagai ibu kota Sumatera Utara, Kota Medan memiliki beberapa kampus ternama baik negeri maupun swasta yang dapat dijadikan mitra kerja strategis Pemko Medan untuk melakukan pengembangan ilmu pengetahuan bidang pertanian dengan melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk memajukan sektor pertanian.

2. Kota Medan sebagai pusat pengembangan pertanian perkotaan/urban farming dengan melakukan sinergi berbagai pihak baik perguruan tinggi maupun organisasi masyarakat (Ormas) pertanian.

3. Kota Medan sebagai pusat perdagangan, jasa, dan wisata. Dalam hal ini Kota Medan ke depan dapat melakukan pembangunan raiser ikan hias, pasar rakyat modern, pasar ikan modern, pusat edukasi budidaya perikanan, taman wisata buah, dan AgroEduWisata.

4. Kota Medan mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Jika (keempat) hal ini dapat terlaksana, maka melalui sektor pertanian masyarakat Kota Medan akan mendapatkan manfaat ekonomi yang baik,” ujar Alumnus IPB ini. **