Pemko Tebing Tinggi Terima Bantuan Bibit Pertanian Dari Provsu

Jumat, 27 November 2020 | 19:12 WIB
Tebing Tinggi, MPOL: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyalurkan bibit pertanian bagi petani di Kota Tebingtinggi.
Hal ini disampaikan Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Dahler Lubis saat menghadiri Rapat Pos Simpul Koordinasi (Posko) penyuluhan dengan kelompok tani dengan tema “Peningkatan Pendapatan Petani Terdampak COVID-19,” Jumat (27/11/2020) di Jalan Merpati Lingkungan 2 Kelurahan Pinang Mancung Kecamatan Bajenis Kota Tebingtinggi.
Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Marimbun Marpaung, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, mewakili Dandim 0204/DS dan Polres Tebingtinggi.
Dahler Lubis menjelaskan, bantuan dari Satuan Tugas (Satgas) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) memberikan bantuan kepada kabupaten/kota di Sumut berupa bibit tanaman pertanian berupa bawang merah, jagung, cabe merah dan bantuan alat pertanian lainnya. “Kita bantu bibit bawang merah kepada petani untuk 2 hektar, kemudian bibit jagung untuk 6 hektar lengkap dengan Prodinya. Oleh karena itu Pak Walikota, kami juga akan menyalurkan bantuan tahap ketiga bagi petani yang belum mendapat bantuan yang dimulai dari bulan Januari mendatang,” ujar Dahler.
Sementara itu Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, COVID-19 dan juga ancaman banjir yang sekarang ini sedang memasuki Kota Tebingtinggi, namun semuanya itu bukanlah menjadi halangan dan hambatan bagi kita. Semangat dan kemauan kita harus kuat , karena kita harus keluar dari semua kesulitan itu karena Allah pasti memberikan jalan untuk kita.
“Kita harus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur melalui Bapak Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura atas bantuan bibit-bibitnya kepada kita. Tentunya kalau Kota Tebingtinggi bukan areal pertanian namanya pun perkotaan tentu sektor jasa dan juga perdagangan menjadi utama,” kata Walikota.
Walikota meminta pertemuan rapat koordinasi ini tidak hanya 3 bulan sekali atau setahun sekali tapi rutinitas dilakukan. Mudah-mudahan besok lusa bisa diadakan yang lebih baik. ” Pak Kadis Pertanian Provinsi menyatakan kepada kita insya Allah masih ada bibit lagi yang lain masih banyak dalam rangkaian pemulihan ekonomi nasional melalui para petani. inilah yang kami sampaikan kepada bapak-bapak semua gotong royong kita menjadi budaya kita,” ujar Umar Zunaidi.
Sebelumnya Kadis Pertanian Tebingtinggi Marimbun Marpaung melaporkan, latar belakang kegiatan Rapat Posko penyuluhan petani ini adalah pembangunan sektor pertanian, peternakan dan perikanan serta produk olahan turunannya yang terintegrasi, berdaya saing dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.
Ini merupakan salah satu alternatif dalam pemulihan ekonomi masyarakat pada kondisi sulit dimasa Pandemi COVID-19. “Untuk itu peran pemerintah dan masyarakat, khususnya pada kelompok tani sangat penting terutama menjaga kesediaan kebutuhan tanaman pangan dan holtikultura,” kata Marimbun.
Tujuan kegiatan ini meningkatkan pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan kelompok tani pasca Pandemi COVID-19, serta mempercepat pertumbuhan pembangunan agribisnis yang berdaya saing dan memiliki nilai tambah, lapor Marimbun.
Kegiatan ditandai dengan penyerahan bibit cabe, bawang , dan alat pertanian oleh Walikota Tebingtinggi dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu kepada kelompok Tani serta penaburan ikan tawar disaluran irigasi oleh walikota. **