Pemkab Asahan Gelar Musrenbang RKPD 2022

Selasa, 30 Maret 2021 | 19:12 WIB
Kisaran, MPOL : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, Selasa, (30/3/2021) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.
Musrenbang ini dihadiri Gubsu diwakili  Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Drs.H. Mhd. Fitriyus ,SH, MSP, Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Asahan, Dandim 0208, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, Ketua Pengadilan Agama Kisaran, mewakili Kapolres dan Danlanal Tanjung Balai Asahan, Anggota DPRD Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya.
Gubsu diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Provsu Drs. H. Mhd Fitriyus, mengatakan, tema RKPD tahun 2022 yakni “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Kehidupan Bermasyarakat”. Prioritas pembangunan diarahkan pada peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan akses dan mutu pendidikan, konektivitas antar pusat pertumbuhan wilayah dan pusat produktivitas Peningkatan sarana dan prasarana layanan kesehatan, peningkatan nilai tambah sektor agraris, peningkatan nilai tambah sektor parawisata, peningkatan pelayanan sosial kemasyarakatan dan olahraga, regoemasi birokrasi, tata kelola pemerintahan dan layanan publik.
Sejalan dengan itu Pemprovsu menetapkan target sasaran makro pembangunan di tahun 2022 sebagai berikut: pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,20 persen, penurunan angka pengangguran terbuka menjadi 6,72 persen, penurunan angka kemiskinan menjadi 8,40 persen, IPM meningkat menjadi 72,57, gini rasio menjadi 0,311, laju inflasi Kisaran 3,00, PDRB perkapita sebesar 39,18 juta dan nilai tukar petani 114,7.
Untuk itu kami meminta Pemerintah Kabupaten/Kota agar dalam penyusunan prioritas pembangunan RKPD 2022 didasarkan kepada, prioritas pembangunan dalam RPJM Nasional tahun 2020-2024 yang diselaraskan dengan RPJMD Provinsi/Kabupaten/Kota, mengacu pada rancangan RKP dan rancangan RKPD Provsu 2022. Kemudian masalah dan tantangan pokok serta isu strategis dan permasalahan yang harus ditangani dalam tahun rencana secara terukur,  rancangan kerangka ekonomi daerah beserta kerangka anggaran dan kerangka regulasi, pelaksanaan standar pelayanan minimum (SPM) yang menjadi kewenangan Kabupaten Kota, pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dan pemulihan ekonomi serta kehidupan masyarakat.
Bupati Asahan H. Surya, mengatakan, tema Musrenbang RKPD l tahun ini adalah “percepatan pemulihan ekonomi melalui peningkatan SDM dan infrastruktur publik menuju Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter”. Tema ini disusun bertitik tolak dari permasalahan pembangunan yang dihadapi saat ini dalam kondisi keterbatasan keuangan daerah dan melambatnya pertumbuhan ekonomi akibat pandemi covid-19. Walaupun vaksinisasi telah dilakukan dan sudah 5.720 orang telah divaksin, namun pemulihan ekonomi membutuhkan proses. “Kami berharap dengan infrastruktur yang semakin baik masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ekonomi dengan lancar,” ujarnya.
Ia menyampaikan 10 program prioritas yang telah disusun pada saat kampanye Pilkada 9 Desember 2020 dan akan dijadikan acuan dalam melaksanakan roda pemerintahan yaitu pembangunan dan kemasyarakatan, digitalisasi birokrasi, SDM tangguh, ekonomi mandiri, Asahan sehat, Asahan cerdas, infrastruktur kuat, Asahan religius, lingkungan berbasis partisipatif, Asahan go wisata dan Asahan perang covid 19.
Dikatakan, Pemkab Asahan akan terus berupaya melakukan perbaikan dan pembenahan pada segala aspek pembangunan guna mewujudkan Asahan menjadi lebih baik, untuk itu dibutuhkan semangat kerja semua pemangku kepentingan dan kerja keras kita bersama salah satunya melalui proses perencanaan pembangunan daerah yang saat ini kita lakukan. Ia berharap  semoga kegiatan Musrenbang ini dapat merumuskan prioritas kegiatan pembangunan yang menjadi kesepakatan dan akan mencerminkan upaya optimalisasi dalam mengakomodir perkembangan kebutuhan layanan kepada masyarakat dengan mengedepankan asas efisiensi dan efektif.
Sebagai narasumber, Kajari Asahan Aluwi, S.H, dengan materi potensi tindak pidana korupsi pada Pemerintah Daerah, Kabid Perencanaan Sarana Prasarana dan Kewilayaan Bappeda Provsu Fuad Perkasa, SH, materi Arah Kebijakan Pembangunan Provsu Tahun 2022. Dan Kabid Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu Partologi Panggabean A. Pi serta Kepala UPT Jalan dan Jembatan Provsu Dinas Bina Marga Konstruksi Provsu Muhammad Salim, ST dengan materi Rencana Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan T. A 2022 di Asahan. **