New Normal, Aktivitas Pasar Monza di Terminal Berastagi Mulai Ramai

Kamis, 12 November 2020 | 19:49 WIB

Tanah Karo, MPOL: Setelah sempat sepi akibat pandemi Covid-19, kini aktivitas di Pusat Pasar Berastagi tepatnya di Terminal Berastagi yang menjual pakaian bekas (monza) di depan Kantor Dinas Pasar Berastagi kembali mulai ramai dipadati para pengunjung dan pedagang monza, buah dan sayuran.

Amatan Wartawan, di lokasi itu, Kamis 12/11/2020), hampir semua pedagang mulai membuka lapaknya sehingga para pengunjung sudah terlihat ramai berbelanja. Namun kesadaran pembeli dan penjual dalam penerapan protokol kesehatan terlihat masih minim. Pasalnya pedagang dan pembali terlihat masih ada yang tidak menggunakan masker, apalagi menjaga jarak saat sedang memilih pakaian.

Kepada Wartawan, Rina br Tarigan ( 15 ) yang merupakan siswa kelas 8 SMA N, salah satu pengunjung mengaku sudah berani ke pasar karena lelah di rumah terus. “Saya memang tahu kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karo terus meningkat. Dari pada saya stres dirumah terus, kan lebih baik buang suntuk berbelanja ke pusat pasar ini, bang,” katanya.

“Yang pentingkan pemerintah sudah mengizinkan. Kita memasuki tahap new normal atau tatanan kehidupan baru. Jadi intinya, tetap jaga kesehatan diri sendiri . Kalau sebelumnya saya takut pergi ke pasar, namun sekarang karena keadaan sudah memperbolehkan, ya saya berani keluar. Yang penting baik rekan maupun keluarga saling mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ke manapun melangkah,” ujarnya.

Dilokasi berbeda masih ditempat yang sama, salah seorang pedagang yang enggan namanya ditulis mengatakan, selama pandemi Covid-19 ia tetap berjualan di terminal Berastagi. Pun penjualan draktis turun, demi mencukupi kebutuhan sehari-hari mau tidak mau harus berjualan. “Virus Corona bagi saya bukan lah menjadi penghalang karena untuk menyambuh hidup. Lihat,  pembeli pun sangat sepi, tetap di rumah, apa yang dimakan bang,” ungkapnya. **