Mau Sukses Magang Sambil Kuliah? Coba 4 TrikIni

Kamis, 17 November 2022 | 14:50 WIB

 

Jakarta,MPOL: Banyak kampus, program magang atau internship menjadi mata kuliah wajib. Banyak juga mahasiswa tingkat akhir, terutama mereka yang masih bingung akan memulai karier dari mana, akhirnya berinisiatif mengikuti program magang di perusahaan.

Kalau kamu termasuk yang magang sambil mengikuti perkuliahan, tentunya ini menjadi tantangan tersendiri karena waktu yang terbatas sementara aktivitas, tugas, dan tanggung jawab bertambah. Lantas bagaimana caranya agar keduanya berjalan sesuai dengan yang kamu harapkan?

“Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari magang, termasuk pada segi keterampilan dan pengalaman. Perangkat teknologi seperti Galaxy Tab S6 Lite dapat menjadi tools penunjang untuk memaksimalkan magang sambil kuliah dengan praktis. Dengan S Pen dan layar luas 10,4 inci yang membantu mencatat kuliah atau meeting dengan mudah,  dilengkapi prosesor Snap dragon 720G dan baterai 7.040m Ah yang mumpuni, membuat tablet ini power                ful untuk ber aktivitas sepanjang hari, untuk kerja, kuliah, mau pun untuk break dan menikmati hiburan,” kata Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Berikut beberapa trik agar kegiatan magang sambilkuliah dapat berjalan lancar:

1. Riset dan pilih program magang yang sesuai

Bingung mau magang di mana? Ada banyak lembaga, institusi, atau perusahaan yang menawarkan program magang, tapi sebaiknya kamu riset dulu supaya tidak menyesal nantinya.

Setidaknya ada beberapa informasi penting yang wajib kamu ketahui. Apakah bidang kerja yang ditawarkan sesuai dengan bidang karier impian kamu,jarak lokasi kantor dari kampus atau tempat tinggal, jenis skill yang dikembangkan saat magang, kecocokan jam kerjanya dengan jadwal kuliahmu, atau pun bayaran atau tunjangan yang mungkin diberikan perusahaan pemberi magang.

Untuk meriset beberapahal penting tadi, lakukan pencarian di Galaxy Tab S6 Lite untuk menemukan berbagai informasi penting yang kamu butuhkan. Mulai dari meriset lowongan magang yang tersedia dan deskripsi kerjanya secara mendetail, menggali informasi tentang latar belakang perusahaan, dan bisa juga menelusuri cerita atau pengalaman orang yang pernah magang di sana. Biar waktumu lebih efektif, manfaatkan fitur Split View di layar Tab S6 Lite yang bisa menampilkan dua aplikasi sekaligus, misalnya satu layar untuk membuka laman LinkedIn perusahaan yang kamu incar dan satu lagi Samsung Notes untuk mencatat informasi

penting.

Setelahnya kamu dapat memeriksa catatanmu untuk membandingkan beberapa perusahaan dan memilih yang paling tepat.

2. Kelola waktumu dengan baik

Informasi mengenai durasi atau jam kerjasaat magang sangat penting bagikamu yang masih harus mengikuti perkuliahan. Soalnya, ada perusahaan yang mewajibkan karyawannya, termasuk pemagang, untuk dating setiap hari kerja takubahnya pekerja full time.Namu nada juga perusahaan yang lebih fleksibel dalam hal waktu, khususnya untuk pekerja magang. Oleh karena itu, sampaikan kondisimu dan negosiasikan jadwal kerja saat wawancara. Kalau perusahaan setuju, tinggal mulai magang dan jalani hari-harikamu yang bakalan lebih sibuk.

Supaya tidak keteteran, gunakan Galaxy Tab S6 Lite untuk membantumu! Kamu bisa lakukan journaling menggunakan aplikasi Samsung Notes dan S Pen.Buka aplikasi Samsung Notes, lalu pilih template jurnal yang suda had aatau pununggah template sendiri.Setelah itu kamu bisa mulai membuat jurna ldalam bentuk spread bulanan atau mingguan.

Journaling dengan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Spread bulanan akan membantumu melihat rangkuman ke giatanmu dalam sebulan dengan menandai acara, kegiatan,atau tanggal khusus. Misalnya deadline mengumpulkan paper, jadwal Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, atau jadwal bimbingan tugas akhir. Di kantor, kamu bisa mencatat deadline pengumpulan proposal untuk suatu project, jadwal meeting bulanan dengan tim, dan sebagainya.

Sementara itu, spread mingguan cocok untuk mencatat apa yang rutin kamu lakukan dalam sepekan, apa harus dilakukan dalam waktu dekat, atauto-do-list harian mu. Misalnya, jadwal rutin kuliah mingguan di kampus, jadwal Work in Progress mingguan dengan tim di kantor, tugas rutin yang harus kamu lakukan day-to-day di kantor, dan sebagainya.

Dengan desain yang ergonomis dan grip yang nyaman,S Pen akan menunjangmu dalam menyusun jurnal. Kamu bisa menulis dan mendekorasi jurnalmu dengan macam-macam pilihan brush dan warna maupun highlight teks supaya lebih estetik.

3. Raihproduk tivitas maksimal di kampus maupun di kantor

Sebagai mahasiswa dan pemagang, kegiatan dantugas pasti lebih banyak dari biasanya. Sebagai pemagang, kamu mungkin ditarik menjadi bagian dari tim yang ditugaskan untuk project tertentu. Ada tugas-tugas spesifik yang menjadi tanggung jawabmu. Kalau kamu serius ingin belajar dan mendapat pengalaman, hal-hal ini harus kamu selesaikan dengan baik. Di sisi lain, tugas-tugas kuliah rutin, seperti bikin paper, ujian, sampai mempersiapkan syarat-syarat kelulusan juga tak boleh diabaikan. Di sinilah Galaxy Tab S6 Lite bisa membantumu agar tetap produktif baik sebagai mahasiswa maupun pemagang.

Kamu bisa mengunakan tablet ini untuk mengikut imeeting di kantor lalu gunakan S Pen untuk mencatat minutes of meeting atau poin-poin penting yang perlu dikerjakan. Tablet ini bisa membantumu mengecek dokumen kerja atau mengikuti meeting online kalau kantormu masih menerapkan system kerjare mote atau hybrid.

Ketika kuliah, gunakan S Pen untuk mencatat materi perkuliahan di Samsung Notes atau mereka mpaparan dosen. Kamu juga bisa menggunakan Galaxy Tab S6 Lite untuk melakukan riset di Google Scholar, mengunduh dan membacae-journal atau e-book materi kuliah saat mengerjakan paper, tugas jurnal, atau tugas akhirmu. Dengan ketebalannya hanya 7mm dan bobot hanya 467g, tidak akan membebani pundakmu saat dibawa ke mana-mana.

Buat catatan dengan mudah menggunakan S Pen Kamu juga bisa meraih produktivitas maksimal dengan pengalaman ekosistem Galaxy yang canggih. Jika kamu sedang menggunakan smartphone Galaxy dan menemukan teksserta gambar di Internet yang sesuai untuk paper kuliah yang sedang dikerjakan, kamu bisa langsung copy & paste teks dan gambar itu ke tablet Tab S6 Lite untuk diolah di layar yang lebih luas. Cukup pastikan kedua perangkat Galaxy mu telah terhubung ke akun Samsung yang sama.

4.Manfaatkan waktu senggang untuk healing

Magang sambil kuliah pastinya akan menyedot banyak energimu. Gunakan waktu senggang yang ada, seperti libur akhir pekan atau tanggal merah, untuk ‘healing’, memulihkan kembali energimu. Kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan bersantai di rumah sambil mendengarkan musik,movie marathon, atau berolah raga.

Galaxy Tab S6 Lite sudah terintegrasi dengan layanan streaming musik Spotify dan layana nover-the-top (OTT) yang popular seperti Netflix. Kamu tinggal luncurkan aplikasi itu dan mulailah menikmati track-track maupun serial atau film-film favoritmu.Dengan layar 10,4 inci yang luas dan beresolusi 1200×2000 (WUXGA+), kamu bisa menonton berbagai konten dengan kualitas visual yang jernih, kaya warna, dan memanjakan mata. Untuk suaranya, Galaxy Tab S6 Lite 2022 sudah dilengkapi dual stereo speakers dari AKG yang powerful untuk mendengarkan music favorit mu atau suara dari film/serial yang kamu tonton, tanpa speake r tambahan.**