Manalu  Kota Medan Gelar Pelatihan UMKM Budidaya Ikan Tawar di Daerah Perkotaan Bagi Anggota

Senin, 3 Mei 2021 | 17:56 WIB

 

Medan,MPOL : Pengurus Parsadaan Toga Manalu Boru Bere (PTMBB) bekerjasama dengan Gerakan Generasi Muda Manalu Medan (GEMMA) menggelar paltihan UMKM dengan topik ‘Budidaya Ikan Tawar di Daerah Perkotaan’, Minggu (2/5/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong anggota PTMBB mampu memanfaatkan lahan terbatas untuk menopang perekonomian keluarga. Pertumbuhan usaha mikr kecil dan menengah harus terus didorong demi kemandirian perekonomian keluarga dari skala terkecil. Seiring dengan program pemerintah, mendorong kemandirian ekonomi lewat kegiatan yang produktif.

Demikian disampaikan Ketua PTMBB Kota Medan Romein Manalu, ST yang mengharapkan dengan pelatihan ini mampu meningkatkan minat para anggota yang telah mengikuti pelatihan untuk mengembangkan sektor usaha khususnya perikanan di perkotaan.

“Dengan melakukan usaha-usaha kecil, akan mampu menopang perekonomian keluarga selain penghasilan utama kita. Tapi tidak menutup kemungkinan ke depan, bisa berkembang bahkan kita juga menjadi berkat bagi sekitar kita,” ujar Romein yang juga pengusaha konstruksi di Medan itu di Kolam Dosroha milik Drs Nimrot Situmeang, MSi Jl. Setia Budi No. 257 Gg Perbatasan No 1 Medan.

Untuk itu, PTMBB bersedia berkolaborasi dengan para anggota yang berminat mengembangkan suatu jenis usaha untuk pertumbuhan bersama. Pada kesempatan itu, Nimrot Situmeang menjelaskan cara budidaya ikan di tempat terbatas dengan memanfaatkan lingkungan rumah. Bahkan memanfaatkan tempias air saat hujan turun menjadi modal pembudidayaan ikan air tawar.

“Sangat prospek pengembangan budidaya ikan ini, khususnya saat ini kami di Kolam Dosroha mengembangkan ikan gabus yang sangata bernilai ekonomi tinggi,” ujarnya dalam acara yang dihadiri Pengurus PTMBB Indonesia diantaranya Jamuntal Manalu, SH (Sekjen), St. Dr. Osman Manalu,SP,MSi (Bendahara Umum), Ketua Harian Kota Medan Ls. RL Manalu, Sekretaris Adol Frian Manalu, STP,MMA, Bendahara Kota Medan Jauli Manalu,SH, Rudyanto Manalu, Drs Maju Manalu dan yang lainnya.

Nimrot yang juga Kordinator Bidang Usaha PTMBB Kota Medan itu berharap keluarga besar Manalu yang ada di Medan terus berinovasi untuk mampu bersaing di era digitalisasi ini. Teknologi bisa berkembang, namun kebutuhan pangan akan terus berlanjut.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kevin Manalu,S.Ak mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan merupakan program PTMBB Kota Medan yang dilaksanakan GEMMA berkat dukungan dan dorongan dari BPH.

“Pelatihan akan terus diupayakan dilaksanakan, demi keberlanjutan program demi mendorong peningkatan perekonomian keluarga Manalu. Khususnya para generasi muda yang siap terjun ke dunia kerja, diharapkan akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru,” ujarnya.**