Kemhan Tunjuk Taput Menjadi Penyedia Lahan Food Estate 10 Ribu Ha Untuk  Ketahanan Pangan Nasional

Senin, 7 Juni 2021 | 17:11 WIB

Taput, MPOL: Kementrian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia tunjuk Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menjadi penyedia lahan Food Estate 10.000 hektar guna menjaga Ketahanan Pangan Nasional.

Penghunjukan itu saat Bupati Taput Drs. Nikson Nababan menerima audensi Widyaswara Madya Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemenhan Kolonel Kav. Munzir Ilyas, SH MH bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo, Senin (7/6).
” Ini berkah untuk Tapanuli Utara karena kita dihunjuk menyediakan lahan seluas 10.000 hektar untuk lahan food Estate Kemhan dalam rangka meningkatkan kemampuan negara dalam memproduksi pangan guna terjaminnya pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup, sebagai lahan untuk Ketahanan Pangan Nasional di Wilayah Sumatera Utara,” ujar Nikson Nababan yang pada saat itu didampingi Sekda Indra Simaremare dan beberapa OPD terkait.
Nantinya, kita akan tanam tanaman yang menjanjikan masyarakat dan kebutuhan pasar tinggi, seperti bawang merah. ” Disisi lain, kita juga akan sediakan lahan untuk ternak seperti ternak babi dan kambing,” tegas Nikson Nababan.
Kolonel Munzir Ilyas  menyampaikan bahwa di lahan Food Estate nanti apa yang akan ditanam, terserah Pemkab Taput tergantung pada kebutuhan masyarakat atau kebutuhan pasar sehingga bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat. **