Inalum Laksanakan Program Pelatihan Satpam

Selasa, 4 Agustus 2020 | 15:56 WIB
Tanjung Gading, MPOL : PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM kembali menyelenggarakan Program Pelatihan untuk peningkatan kompetensi dan keterampilan pemuda di sekitar perusahaan dalam bidang Satuan Pengamanan (Satpam).
Program ini dilaksanakan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan perhatian kepada pemuda yang diikuti oleh 20 pemuda di sekitar wilayah operasional pabrik peleburan INALUM Kuala Tanjung. Pelatihan ini resmi dibuka, Minggu (2/8) di MPH Tanjung Gading, Kabupaten Batu Bara.
Dalam pelatihan ini INALUM bekerjasama dengan lembaga professional di bidang pelatihan Satpam yakni PT Gada Pratama Mukti, Lubuk Pakam dan peserta akan menjalani pelatihan dasar Satpam tingkat Gada Pratama di Pusdiklat Pelatihan Satpam Gada Pratama, Lubuk Pakam selama kurang lebih tiga minggu dari tanggal 3 s/d 21 Agustus 2020.
Pembukaan dan pelepasan peserta program pelatihan dilakukan langsung oleh Manajer Pemberdayaan Masyarakat Ali Hasian Harahap. Dalam kesempatan itu Ali menyampaikan maksud diadakannya program ini, untuk membekali pemuda di sekitar perusahaan dengan kompetensi di bidang pengamanan sehingga nanti apabila ada peluang kerja di perusahaan atau di instansi-instansi sekitar maka peserta sudah memiliki bekal. “Diharapkan mampu bersaing untuk mendapatkan peluang pekerjaan tersebut,” ungkap Ali.
Lebih lanjut Ali menyampaikan dikarenakan program saat ini masih dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 maka diminta kepada seluruh peserta untuk tetap menjaga kesehatan agar dapat menjalani program hingga selesai dan dinyatakan lulus serta mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19 saat pelatihan nantinya.
Salah satu pemuda yang diwakili oleh Ketua Forum Pemuda Kuala Indah (FPPKIN) OK Mahyudin menyampaikan apresiasi terkait program INALUM ini. “Program seperti ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama pemuda/I sekitar perusahaan yang sudah lulus SMA namun tidak memiliki kemampuan untuk belajar ke jenjang lebih tinggi, program ini terakhir kami dapati di tahun 2018 lalu, dan Alhamdulillah pesertanya saat ini rata-rata sudah bekerja semua, semoga peserta tahun 2020 ini juga segera dapat menyusul. Kami mengucapkan terima kasih kepada INALUM atas terselenggaranya kembali program ini dan berharap program ini dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan lagi ke depannya,” tutur Mahyudin.
Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Kabupaten Batu Bara sekaligus ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Batu Bara Oky Iqbal Prima menyampaikan melalui keterangan tertulis yang dibacakan oleh Suliyanto Sekretaris DPD KNPI Batu Bara. “Kami bersyukur INALUM selalu menunjukkan kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat Batu Bara tak terkecuali kepada pemuda/I, saat ini angka pengangguran usia produktif di Batu Bara masih cukup tinggi, sehingga dengan adanya program ini dapat mengurangi pengangguran. Semoga kedepannya kuota peserta program ini dapat ditambah lagi agar dapat dinikmati lebih banyak masyarakat di Batu Bara, tidak lupa kami mendoakan INALUM agar tetap dapat melaksanakan operasional dengan lancar dan berjaya selalu sebagai BUMN kebanggaan warga Batu Bara,” ujarnya.
Perwakilan Kepala Desa sekitar perusahaan yaitu Usman selaku Kepala Desa Kuala Tanjung juga turut menyampaikan apresiasinya kepada INALUM. “Di tengah pandemi COVID-19 INALUM masih terus peduli dengan masyarakat di lingkungan perusahaan dan hal ini patut diapresiasi, mulai dari santunan anak yatim, program kesehatan, bantuan sembako, bantuan qurban idul adha hingga INALUM mengadakan pelatihan Satpam. Semua program ini langsung menyentuh masyarakat sehingga sangat bermanfaat dan kami akan terus berdoa agar kondusifitas wilayah operasional INALUM dapat terus terjaga,” ujar Usman. **