HKTI Sumut Siap Sinergi Bersama BPTP Guna Menaikkan Produksi Padi di Sumut

Selasa, 4 Januari 2022 | 07:41 WIB

Medan, MPOL : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut melakukan Penandatangan MoU bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumut dan Pemuda Tani Indonesia Sumut, Senin (3/1/2022), bertempat di Agriculture Operation Room BPTP Sumut.

Pembuka acara dimulai sambutan oleh Kepala BPTP Sumut Dr. Khadijah EL Ramija, SPi, MP yang melakukan pemaparan berbagai kinerja bidang pengembangan teknologi dari sisi budidaya dan pengembangan teknologi benih tanaman yang telah dilakukan dan menyambut baik dari kerjasama berbagai kegiatan yang akan dijalankan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Sumut.

Dalam sambutannya Gus Irawan Pasaribu, SE.Ak, MM.CA selaku Ketua HKTI Sumut menyampaikan program BPTP sejauh ini sudah baik dan keberadaan BPTP harus dirasakan oleh petani secara luas untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kami HKTI Sumut apresiasi kinerja BPTP Sumut dalam pengembangan teknologi budidaya pertanian dan pengembangan benih berbagai produk tanaman pangan dan hortikultura, oleh karenanya kami siap bersinergi bersama BPTP yang telah melakukan pengembangan produksi padi mencapai 8-9 ton/hektar,” ungkap Gus Irawan.

Anggota Komisi XI DPR RI ini juga menambahkan, “sejauh ini rata-rata produksi petani kita di Sumut sekitat 5 ton/hektar, oleh karenanya dengan penggunaan teknologi yang dimiliki BPTP dapat meningkatkan produksi padi petani di Sumut.”

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pemuda Tani Sumut, Muhammad Fadly Abdina, SP, M.Si menyampaikan sinergitas yang dapat dibangun para pihak ialah pengembangan tenaga penyuluh pertanian dan penangan pasca panen.

“Saat ini HKTI dan Pemuda Tani Sumut telah menjalankan berbagai program bersama petani, diantaranya program pemberdayaan petani yang dimulai dari memfasilitasi akses pembiayaan, penyuluhan, akses jaminan resiko, dan akses pasar. Dengan adanya keterlibatan BPTP Sumut akan dapat meningkatkan kekuatan dari sisi penyuluhan dan penanganan pasca panen dari setiap program yang dijalankan oleh HKTI maupun Pemuda Tani Sumut,” tutur Fadly Abdina.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Penasehat HKTI Sumut Prof. Djohar Arifin Husin, Ketua Penyuluh Pertanian Ir. Soekirman, Sekretaris HKTI/PTI Sumut Muhammad Syah, Pengurus HKTI dan Pemuda Tani Sumut antara lain Alqomari, Reza Andika, Ovie Johan dan Azam Azizi, serta sejumlah Staf BPTP Sumut. (ril)