Hidup Sebatang Kara, Kakek Berusia 90 Tahun Dapat Bantuan Kapolres Sergai

Sabtu, 2 Mei 2020 | 13:19 WIB

Serdang Bedagai, MPOL.Com: Jauh dari pemukiman warga dan hiruk pikuk perkotaan, sebuah rumah beratapkan daun rumbia berdinding tepas dan berlantai tanah, masih terlihat berdiri kokoh di Dusun III Betung, Desa Silau Rakyat, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Jika diamati secara sepintas, bangunan itu layaknya sebuah gubuk yang lajim digunakan untuk berteduh sementara seperti biasa diperladangan. Akan tetapi, begitu ditelusuri kalau bangunan itu adalah istananya Kakek Latif.

Pria ujur yang sudah menginjak usia 90 tahun itu hidup sebatang kara dan menghabiskan hari-harinya di bangunan beratapkan rumbia berdinding tepas tesebut.

Kendati gubuk rewot itu sudah termakan usia namun Kek Latif masih bertahan di istana tersebut karena tidak ada keluarga yang bisa diaharapakan untuk membantu.

Ternyata, tanpa disangka, ditengah Pandemi Covid-19 saat ini, kehidupan kek Latif terdengar oleh Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang.

Perwira melati dua dipundaknya itu bersama Ketua INTI Kab Deli Serdang menyambangi sang kakek yang tidak pernah tersentuh bantuan dari pemerintah ditengah “peradapan” virus corona saat ini, Jumat (1/5).

AKBP Robin Simatupang yang dikenal ringan tangan dan dermawan memberi bantuan untuk kebutuhan sehari-hari sang kakek tua tersebut, bahkan tempat tidur yang layak. Tidak hanya itu, Kapolres dan Ketua INTI (Indonesia Tionghoa) berjanji akan memperbaiki rumah tinggak kek Latif menjadi layak huni.

“Bentuk keprihatinan atas apa yang terjadi saat ini, artinya kita sama-sama merasakan bagaimana dampak Covid-19. salah satunya Kek Latif yang saat ini berusia 90 tahun yang tidak memiliki keluarga dan tinggal jauh dari penduduk, bahkan mandinya harus ke sungai,”kata AKBP Robin

“Kami mengajak rekan-rekan pengusaha untuk mengulurkan tangan, paling tidak orang seperti Kek Latif ini bisa tinggal di rumah yang layak seperti sekarang ini dan bisa tidur nyenyak jadi kita akan berikan kasur untuk kek latif,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Kapolres Sergai, Ketua INTI Kabupaten Serdang Bedagai Budi SE dan Pengusaha PT. Wira Pradana Mukti Andrias Sudarso, Ketua KOMPAK Sumut Amrin Susilo Halim, Kasat Intelkam AKP T Manurung, Kasat Sabhara AKP Abdul Rahman, Kasubbag Humas Ipda Zulfan Ahmadi.

Usai mengunjungi kediaman kek Latif, Kapolres Sergai bersama rombongan juga memberikan bingkisan sembako kepada masyarakat sekitar, berupa beras 5kg,10 bungkus mie instan dan 1 liter minyak kemasan kepada masyarakat.

Sementara, Ketua Indonesia Tionghoa (INTI) Kabupaten Serdang Bedagai, Budi SE menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang dan Wakil Bupati H. Darma Wijaya sudah membantu kakek Latif dalam untuk sekarang telah menempati rumah lebih layak.

“Terima kasih kepada Bapak H. Darma Wijaya selaku Wakil Bupati Serdang Bedagai dan bapak Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang dan seluruh jajaran perangkat desa maupun masyarakat yang sudah memperhatikan kakek Latif yang yang sudah sangat tua dan dari kecil tinggal disini,” ungkap Budi

Budi menuturkan bahwa berkat dukungan Bapak Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Kapolres Sergai serta seluruh pengusaha maupun jajaran masyarakat yang mana akhirya Kek Latif sudah memiliki rumah baru.

Ketua DPC Partai Gerindra Sergai itu, juga berharap jangan ada lagi rumah seperti Kek Latif di Sergai. “Ayo kita sama sama dan bersama perangkat desa memperhatikan kondisi masyarakatnya, apalagi dengan kondisi wabah Covid-19 dan di Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah ini,” ajaknya.*