Generali Berikan Edukasi Keuangan Keluarga ke Komunitas Ibu Profesional di Sumut

Rabu, 13 April 2022 | 22:38 WIB

Medan, MPOL: PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus aktif melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program-program dari The Human Safety Net (THSN). Kali ini THSN Generali menggelar edukasi literasi pengelolaan keuangan keluarga kepada pada ibu yang tergabung dalam Komunitasi Ibu Profesional Sumatera Utara, yang diselenggarakan pada pekan awal Ramadhan 2022 di wilayah Tuntungan, Medan, Sumatera Utara.

 

Bertema “Cerdas Atur Perencanaan Keuangan Ala Ibu Masa Kini”, Generali meningkatkan pemahaman para Ibu dalam mengalokasikan pos-pos keuangan keluarga secara disiplin dan sesuai dengan kebutuhan keluarga, serta memastikan keamanan keluarga di masa depan. Di saat yang bersamaan Generali juga memberikan literasi tentang pentingnya proteksi asuransi bagi keluarga, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini.

 

Windra Krismansyah, Head of Corporate Communicationssekaligus Program Manager The Human Safety Net Indonesiamengatakan, dalam satu keluarga seorang Ibu memiliki banyak peran yang salah satunya adalah sebagai “manager keuangan”, untuk itu penting bagi mereka untuk lebih memahami perencanaan finansial, mengatur dan mengalokasikan pengeluaran, dan bagaimana meminimalisir risiko keuangan keluarga jika terjadi hal-hal yang tidak terduga.

“Gerakan THSN Indonesia bergerak dengan 3 fokus utama, yakni kesehatan ibu hamil & balita, pembangunan karakter anak dan parenting class yang mencakup literasi keuangan,” kata Windra.

 

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para Ibu bisa lebih smart, karena keluarga merupakan unsur masyarakat terkecil yang merupakan titik awal yang sangat penting untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera dengan adanya kesiapan perencaaan finansial yang baik. Program ini juga sejalan dan merupakan bukti nyata dukungan terhadap program Pemerintah untuk terus mendorong literasi finansial di Indonesia, yang saat ini masih tingkatannya relatif kecil.” Ujarnya.

 

Disebutkan, berdasarkan data yang dihimpun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi keuangan masyarakat  Indonesia masih belum well literate, masih menunjukkan angka 38,03% dimana literasi keuangan perempuan sendiri menunjukkan baru sebesar 36,13%. Di sisi lain, survey menunjukkan bahwa 7 dari 10  Ibu kesulitan mengelola keuangan di masa pandemi yang menunjukkan pengelolaan keuangan keluarga menjadi salah satu tantangan tersendiri yang dihadapi oleh para Ibu, khususnya di masa pandemi COVID-19.

 

Pada kesempatan yang sama, Komunitas Ibu Profesional Sumatera Utara juga memperkenalkan konsep unik untuk meningkatkan hubungan di dalam keluarga melalui kreasi permainan board game“HAYOO..!”. Dengan konsep bermain sederhana, kreasi ini bisa membuat masing-masing anggota keluarga menjadi lebih dekat dan mengenal satu sama lain, dalam kebiasaan, hobi dan sebagainya.

 

Program The Human Safety Net (THSN) sendiri merupakan gerakan global rantai kebaikan ‘people helping people’ dari Generali Group yang sudah bergerak di 23 negara. Di Indonesia sendiri, THSN sudah berjalan sejak tahun 2017 yang sangat melibatkan keterlibatan fisik dan hati dari seluruh tim Generali, mulai dari manajemen, karyawan dan para tenaga pemasar..

 

Dalam menjalankan berbagai programnya dan untuk lebih memperluas dampak yang diberikan, The Human Safety Net Indonesia menggandeng kerjasama dengan Komunitas Ibu Profesional yang berfokus kepada profesi ibu. Saat ini, Komunitas Ibu Profesional sendiri telah menjangkau 45 titik di seluruh kota, maupun kabupatenserta bersinergi dengan 30.167 wanita yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan 4 negara.

 

 

TENTANG GENERALI GROUP

 

Generali merupakan salah satu penyedia asuransi dan manajemen aset global yang terbesar. Berdiri sejak tahun 1831, saat ini hadir di 50 negara di dunia, dengan total pendapatan premi lebih dari 69.7 miliar Euro di tahun 2019. Dengan 72.000 karyawan yang melayani lebih dari 61 juta nasabah, Generali Group memimpin pasar di Eropa dan juga mengembangkan jangkauannya di Asia dan Amerika Latin. Ambisi Generali adalah untuk menjadi Lifetime Partnerbagi nasabahnya, dengan menyediakan solusi inovatif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, melalui berbagai kanal distribusi.

 

TENTANG GENERALI INDONESIA

 

PT  Asuransi  Jiwa  Generali  Indonesia  (Generali  Indonesia)  merupakan  bagian  dari  Generali  Group  yang beroperasi  di  Indonesia  sejak  tahun  2009  dan  mengembangkan  bisnis  melalui  jalur  multi  distribusi  yaitu keagenan, bancassurance dan asuransi kesehatan grup yang tersebar di lebih dari 40 kota di Indonesia.

 

Generali Indonesia mencatat perolehan premi lebih dari Rp 2,4 triliun dan RBC 423% pada tahun 2019 dan telah menghadirkan ROBO  ARMS untuk optimalisasi otomatis unit link nasabah sesuai kondisi pasar serta profil risiko investasi nasabah, dan DNA Journal yang akan membantu nasabah hidup lebih sehat.  PT  Asuransi  Jiwa  Generali  Indonesia  merupakan  perusahaan  asuransi  yang  terdaftar  dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).***