Gelar Pelatihan TKM, Kelompok Penikmat Kopi Nusantara Optimis Anggotanya Bisa Mandiri

Sabtu, 8 Januari 2022 | 09:50 WIB

 

Medan,MPOL : Kelompok Penikmat Kopi Nusantara melaksanakan kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dengan tema : “Membangun Bisnis Kopi Yang Diminati”, karena dewasa ini memang produk olahan kopi sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan, Jumat (7/1/2022).

Kegiatan ini bertujuan mencetak tenaga kerja mandiri pemula untuk usaha mikro dalam rangka mendorong terciptanya kesempatan kerja baru di daerah untuk menanggulangi pengangguran ataupun yang terdampak Pandemi Covid- 19.

Kegiatan pelatihan olahan kopi kekinian ini dilaksanakan di BK Coffe  di Jalan Kenanga Raya No.193 Kecamatan Medan Selayang. Kegiatan ini di adakan  selama 3 hari dimulai dari tanggal 7 – 9 Januari 2022,

Dalam hal ini yang melaksanakan kegiatan adalah TKM Penikmat Kopi Nusantara bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Cq. Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dirjen Bina Penta dan PKK yang dilaksanakan oleh Subdit Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri. Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Medan yang diwakili Kabid Pelatihan dan Produktivitas Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Ramadhan, SKM.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Medan, yang diwakili Ramaddan, SKM menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih atas undanganya dalam kesempatan kali ini, dengan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat”, katanya.

“Pemerintah saat ini sangat serius dalam upaya penanggulangan pengagngguran, salah satunya dengan Program Tenaga Kerja Mandiri yang diluncurkan oleh Pemerintah Pusat, Program Tenaga Kerja Mandiri adalah salah satu program unggulan Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia untuk memperluas  kesempatan bagi tenaga kerja formal maupun informal”,ungkapnya

” Melalui program ini diharapkan dapat memunculkan keterampilan bagi calon tenaga kerja dan  diharapkan nantinya dapat membuka wirausaha sendiri, jadi kami ucapkan selamat belajar kita berharap manfaatkan sebaik- baiknya agar bermanfaat bagi anggota Kelompok ini”,imbuh Ramadhan

Pelatihan ini dikuti sebanyak 16 orang peserta dari kelompok Penikmat Kopi Nusantara.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Penikmat Kopi Nusantara, Muhammad Firman menyampaikan, kalau kegiatan harus menjadi salah satu solusi menambah life skill dan pengetahuan.

“Rekan- rekan anggota jelompok yang saya hormati,  ini kesempatan bagi kita,  jangan hanya menjadi yuforia semata, tapi kita harus mendapatkan inside yg bermanfaat, setidaknya 3 hari ini bisa langsung tahu dasar menjadi barista atau peracik kopi kekinian yang banyak diminati, untuk itu peserta harap fokus dalam 3 hari kedepan untuk mengikuti kegiatan ini”, ungkap Muhammad Firman

Acara pembukaan berlangsung dengan lancar, dan para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.***