Digarap Warga, Ratusan Karyawan PTPN III Tanam 1000  Pohon Sawit Di Lahan HGU Kebun Bangun 

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:30 WIB

 

Pematangsiantar, MPOL: Ratusan karyawan PTPN III menanami pohon sawit di areal afdeling 4 Kebun Bangun Kelurahan Bah Sorma Kec.Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar, Selasa (21/06/2022) pagi, sekira pukul, 09.30.

Penanaman pohon sawit dilakukan dilahan Hak Guna Usaha (HGU) PTPN III Kebun Bangun seluas 91 hektar yang saat ini digarap oleh sekelompok masyarakat tersebut dikawal oleh pihak pengamanan kebun/Security PTPN III dibantu personil dari Polres Pematangsiantar dan Brimob.

Pantauan Medan Pos di lapangan menyebutkan,  sebelum melakukan penanaman pohon sawit tersebut,  terlebih dulu sekitar  ratusan karyawan dan personil pengamanan kebun mengikuti apel bersama untuk menerima arahan dan bimbingan dari pimpinan/ pengamanan kantor pusat PTPN III.

Usai apel, para karyawan berjalan menuju lahan kosong yang ditumbuhi pohon ubi kayu dan srai dengan membawa cangkul serta bibit sawit. Di atas lahan HGU PTPN III Kebun Bangun tersebut para karyawan melubangi tanah sembari menanami pohon sawit.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando SIK, didampingi Wakapolres Kompol Ismawansa, SIK, Kabag Ops AKP Muri Yasnal, Kabag Ren, Kasat Intelkam AKP Arifin  Pakpahan, Kapolsek Siantar Martoba AKP Manaek Ritonga, para Kanit dan Kasubbag dan puluhan anggota/ personil Polres serta Manager PTPN III Kebun Bangun Fredy Bangun dan wewakili dari kantor pusat PTPN III, staf, dan para asisten afdeling.

 

Sementara Asisten Personalia Kebun (APK) PTPN III Kebun Bangun Doni Manurung, SH yang dikonfirmasi disela-sela penanaman sawit menjelaskan, kegiatan ini merupakan amanat dari pimpinan pusat untuk menanami kembali lahan kosong yang luasnya sekitar 66 hektar yang akan ditanami dari luas totalnya 91 hektar, dan sisanya sebanyak 25 hektar diperuntukkan untuk ring road.

Disebutkannya, rencananya kegiatan ini berlangsung selama 3 hari kedepan dengan menanam sebanyak 1000 bibit pohon sawit di HGU milik BUMN PTPN III Kebun Bangun.

Lebih jauh dijelaskan APK Bangun, terkait lahan yang akan ditanami ini sudah dikuasai oleh penggarap sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Forum Tani Sejahtera Indonesi (Futasi) sejak sekitar 2004 lalu.

Untuk itu, pihaknya berupaya agar lahan HGU nya dapat sepenuhnya dikuasai PTPN III Kebun Bangun yang saat ini digarap sebanyak 60 kk, selebihnya dikuasai oleh pihak investor yang belum diketahui jati dirinya.

Terkait dengan penggarapan lahan HGU oleh kelompok Futasi telah dilaporkan ke Polda Sumatera Utara, dan statusnya hingga kini masih dalam tahap penyelidikan.

“Melalui kuasa hukum PTPN III kebun Bangun Ramses Pandiangan SH kasus ini sudah dilapirkan ke Poldasu dan pihak kecamatan dan kelurahan telah dimintai keterangan oleh pihak berwajib, ungkap Doni Manurung.

Ditegaskannya, dengan adanya pelaku penggarapan di lahan kami ini,  meminta pihak berwajib melakukan tindakan tegas terhadap mafia tanah diduga memperjualbelikan lahan HGU.

“Sesuai informasi dan data  yang kami peroleh, adan bukti kwintasi jual beli lahan HGU sebesar Rp 20 juta per rante, ujar APK Kebun Bangun itu sembari mengatakan lahan HGU ini sudah ditanami ubi kayu dan srai dan telah berdiri bangunan rumah-rumah sudah permanen yang dikuasai masyarakat.

Dalam kasus penggarapan lahan HGU PTPN III Kebun Bangun ini, APK Doni Manurung  berharap kasus ini dapat diproses secara tuntas dan tegas dan para pelakunya diseret ke pengadilan  sesuai dengan hukum yang berlaku di NKRI.

Kegiatan tanam 1000 pohon sawit tersebut berjalan aman dan lancar tanpa adanya hambatan dan gangguan dari pihak penggarap sekitar di lahan HGU PTPN III Kebun Bangun.**