Di Bulan Ramadhan, Ahmad Sulhan dan Edward Siahaan Bakti Sosial di Tengah Wabah Covid-19

Selasa, 12 Mei 2020 | 08:13 WIB

Sibolga, MPOL: Pasangan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota, Sibolga Drs. H. Ahmad Sulhan Sitompul MAP dan Edward Siahaan bakti sosial di bulan Suci Ramadhan 1441 H/tahun 2020.

Bakti sosial yang digelar pasangan yang lebih populer dipanggil Assed (Ahmad Sulhan Sitompul dan Edward Siahaan) ini yakni sunatan (khitanan) massal yang di laksanakan di posko pemenangan Assed di Jalan R Suprapto Sibolga, Jumat (8/5/20) kemarin.

Sebelum sunatan, anak-anak terlebih dahulu mengikuti berbagai kegiatan diantaranya mendengarkan ceramah sekaligus berdoa, untuk memberikan motivasi kepada anak-anak.

Selain melaksanakan kegiatan sunat massa. Balon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga ini pada setiap harinya menjelang jam berbuka puasa membagikan takjil kepada masyarakat kota Sibolga.

Drs H Ahmad Sulhan Sitompul MAP didampingi Edwar Siahaan dalam keterangannya kepada wartawan Senin (22/5/20) mengatakan kegiatan ini gagasannya berawal dari masyarakat umum dan kaum muslimin khususnya di empat Kecamatan di Kota Sibolga.

“Untuk kegiatan kali ini ada 50 orang, mereka kita utamakan anak yatim dan anak dari keluarga kurang mampu. Karena sunat ini sudah menjadi kewajiban bagi kita umat Islam sesuai sabda Rasulullah SAW,” ujarnya seraya menambahkan bahwa bakti sosial ini rutin kita laksanakan pada setiap Bulan Ramadhan.

Selain membantu warga yang kurang mampu sebut Sulhan, kegiatan ini juga dilaksanakan bertepatan anak sekolah tengah menjalani libur panjang, sehingga tidak mengganggu proses belajar.

“Semoga apa yang kami lakukan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Apa lagi saat ini ekonomi masyarakat melemah akibat dampak covid-19. Kita berdoa semoga di tahun ini ketaqwaaa, rezeki dan aktivitas untuk berbuat kebaikan kita semakin meningkat,” harapnya.

Sementara itu, Edward Siahaan menambahkan, apa yang mereka lakukan tak lain adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang tengah kesulitan ekonomi.

“Memang tidak banyak yang dapat diberikan, Jangan pemberian itu dilihat dari nilainya. Namun semua itu kami lakukan dengan iklas, kami akan terus membatu semampu dan sebisa kami,” ungkapnya.

Edward juga menyatakan, dalam menghadapi pandemi covid-19 saat ini, masyarakat khususnya Kota Sibolga harus tetap waspada dan mematuhi anjuran pemerintah tentang physical distancing, dan bekerja dari rumah, serta selalu memakai masker sebagai upaya pencegahan menularnya virus corona.

“Mendukung program pembatasan aktivitas sosial bukan berarti menutup mata hati kami terhadap kemanusiaan. Saat ini memang semua orang sedang dalam kondisi prihatin. Namun masih banyak warga atau tetangga yang kesusahan. Selagi kami mampu, kami akan terus berbuat dan membantu,” cetus Edward Siahaan. (*)