Cuaca Tak Menentu, Komisi II DPRD Samosir Sarankan Petani Ubah Pola Tanam

Jumat, 24 April 2020 | 18:27 WIB

Samosir, MPOL.Com: DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Samosir, melalui Komisi II yang membidangi pertanian menyarankan kepada para petani di Kecamatan Palipi untuk merobah pola tanam atau menanam jagung dan  tanaman lainya yang tidak membutuhkan banyak asupan air.

Hal tersebut diungkapkan Polma Gurning(Wakil Ketua Komisi II) saat melakukan monitoring ke Desa Palipi, pada hari Rabu,(22/4) yang melihat langsung kondisi tanaman padi  yang gagal panen akibat dari cuaca yang tidak menentu.

Monitoring  wakil rakyat tersebut dipimpin langsung ketua komisi II, Pardon Lumban Raja bersama Wakil Ketua, Polma Hasehaton Gurning,  Suhanto Sitanggang, Haposan Sidauruk serta Sorta Siahaan yang  didampingi Dinas Pertanian melalui PPL .

Tanaman padi  tampak menguning akan tetapi, kuningnya tanaman padi tersebut, bukanlah karena jelang panen, melainkan bulir-bulir padi itu sudah kering, kosong tanpa isi.

Wakil Ketua Komisi II, Polma  Gurning menuturkan, setidaknya ada sekitar 20 hektar tanaman padi petani tadah hujan di Desa Palipi  Kabupaten Samosir kali ini yang gagal panen gara-gara  cuaca yang tidak menentu.

Atas kondisi  yang menimpa  para  petani  tersebut , Politisi Nasdem inipun menanggapi serius. Ia mengaku prihatin terhadap musibah yang merugikan para petani tersebut dan  akan mengusulkan kepada pemerintah untuk segera turun tangan melalui dinas Pertanian ,baik dengan cara membangun irigasi  atau Pompanisasi dan alat pertanian yang modern demi kesejahteraan rakyat kedepan.*