BNI Wilayah Sumut Bahas Implementasi Pembiayaan Petani Bersama HKTI, PTI, Bulog dan Jasindo

Minggu, 17 Januari 2021 | 11:46 WIB

Medan, MPOL : Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provsu, Pemuda Tani Indonesia (PTI) Provsu, BNI Wilayah Sumut, Bulog Wilayah Sumut, dan Asuransi Jasindo melakukan rapat koordinasi implementasi pembiayaan program on farm petani mandiri pada 11 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, Jumat (15/1/2021)

Gus Irawan Pasaribu selaku Ketua HKTI Sumut menyampaikan rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang dilakukan pada saat pelantikan DPD HKTI Sumut November 2020 lalu.

Ia mengatakan, ebagai organisasi masyarakat yang bergerak pada sektor pertanian HKTI Sumut senantiasa berupaya menjembatani berbagai kepentingan petani khususnya di Sumatera Utara.

Anggota DPR RI Komisi XI ini juga menyampaikan bahwa program ini meliputi akses pembiayaan, pendampingan, pasar dan jaminan resiko dari kegagalan.

Tuan rumah dalam kegiatan ini Pimpinan Wilayah BNI Sumut, Martinus Matondang menyampaikan Bank BNI sangat mendukung program ini khususnya dalam hal dukungan pembiayaan kepada petani untuk meningkatkan kesejahteraan bagi petani Sumatera Utara.

Sementara itu sebagai salah satu penggagas kegiatan, Ketua Pemuda Tani Indonesia Provsu Muhammad Fadly Abdina menjelaskan bahwa program ini telah berjalan 3 musim tanam di Desa Lubuk Kertang, Kabupaten Langkat.

Program iji adalah ntuk menebar manfaat kepada masyarakat petani yang lebih luas di Sumatera Utara, oleh karenanya program ini diperluas se Sumatera Utara.

“Kita berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan selanjutnya ke depan kita akan menggagas program pembiayaan hasil panen petani dengan pendirian kilang padi di desa-desa sentra tanaman padi,” ujar Fadly Abdina.

Selain Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak, MM (Ketua HKTI Sumut), Martinus Matondang (Pimpinan BNI Wilayah Sumut), M.Fadly Abdina, SP, M.Si (Ketua PTI/Wk Ketua HKTI Sumut), juga hadir Pimpinan Wilayah Bulog Sumut, Maringan Torang Hasiholan (Pimpinan Asuransi Jasindo), Muhammadsyah (Sekretaris HKTI Sumut), Kamsir Aritonang, SE Ak (Bendahara HKTI Sumut), Gatot Pahlawan, S.Pi (Wk Ketua HKTI Sumut), dan A Zarlin (Wk Sekretaris HKTI Sumut). **