5 Cara Jadi Perempuan Mandiri Secara Finansial Pasca Pandemi

Jumat, 13 Mei 2022 | 19:02 WIB

Setelah merasakan kondisi yang tak menentu akibat pandemi, kemandirian finansial menjadi hal yang penting bagi semua kalangan, salah satunya perempuan. Mandiri secara finansial dapat memberikan kekuatan bagi perempuan untuk tidak bergantung terhadap orang lain, termasuk orang tua maupun pasangan. Selain itu, independen dalam keuangan dapat membantu mencapai tujuan hidup lebih terarah.

Nah, untuk itu, penting bagi kamu untuk dapat mandiri secara finansial mengingat kita tidak dapat memprediksi kapan kondisi tak menentu akan terjadi lagi. Berikut 5 (lima) cara menjadi perempuan mandiri secara finansial pasca pandemi dari Flip, perusahaan teknologi keuangan yang menyediakan platform pembayaran konsumen.

1. Menggunakan Skala Prioritas
Perempuan yang mandiri secara finansial biasanya paham terkait pengelolaan uang berdasarkan skala prioritas kebutuhan. Skala prioritas kebutuhan merupakan daftar keperluan seseorang yang disusun berdasarkan yang paling penting hingga keperluan yang bisa ditunda untuk dipenuhi. Skala prioritas ini akan membantu kamu dalam mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

2. Memiliki Penghasilan Sendiri
Perempuan dengan penghasilan sendiri memiliki kelebihan yang istimewa. Kamu bisa lebih leluasa dalam membeli kebutuhan diri sendiri maupun keluarga, mempunyai simpanan darurat di saat ada hal yang tidak diinginkan, dan juga dapat membantu perekonomian keluarga. Saat ini, banyak cara untuk bisa menghasilkan keuanganmu sendiri tanpa harus meninggalkan tanggung jawab di rumah, misalnya dengan membuka usaha online dari rumah atau bekerja paruh waktu tanpa harus ke kantor.

3. Memiliki Tabungan
Sebagai perempuan yang memiliki penghasilan, baik penghasilan diri sendiri maupun pasangan, kamu wajib untuk memiliki tabungan. Pastikan kamu dapat mengelola penghasilan dengan bijak dan menyisihkan setidaknya 20% dari penghasilanmu. Tabungan membuat kamu lebih tenang menjalani hari-hari ke depan karena kamu memiliki cadangan apabila terdapat kebutuhan yang mendesak di kemudian hari.

4. Memahami Pentingnya Investasi
Tak hanya menabung, kemandirian finansial bagi seorang perempuan juga harus bisa memahami dan menyisihkan penghasilannya untuk diinvestasikan. Investasi bisa berupa apapun, misalnya investasi emas, tanah, dan properti. Investasi ini bisa menjadi penjamin masa depan yang cerah bag
i perempuan karena keuangan menjadi lebih terukur dan terarah.

5. Mengembangkan Pengetahuan terkait Keuangan
Biasanya, perempuan yang mandiri secara finansial diawali dengan memahami literasi keuangan itu sendiri, seperti paham terkait layanan, lembaga, dan teknologi keuangan. Namun sayangnya, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) oleh OJK pada tahun 2019 tingkat literasi keuangan perempuan masih menduduki di bawah kaum laki-laki, yakni sebesar 36,13%, sedangkan tingkat literasi keuangan laki-laki sebesar 39,94%.

Terdapat berbagai cara untuk dapat meningkatkan literasi keuanganmu, salah satunya dengan sering membaca terkait keuangan, mengikuti seminar atau workshop tentang keuangan yang diselenggarakan oleh pemerintah, komunitas maupun perusahaan teknologi keuangan. Seperti yang dilakukan oleh Flip, salah satu perusahaan teknologi keuangan terkemuka Indonesia sebagai platform pembayaran konsumen yang memiliki perhatian penuh terhadap literasi keuangan perempuan.

Flip bekerja sama dengan komunitas-komunitas perempuan di Indonesia menggelar berbagai aktivitas literasi keuangan dalam mendukung kemandirian finansial bagi perempuan. Salah satunya, Flip berkolaborasi bersama organisasi Ibu Punya Mimpi dengan sebuah program berjudul Festival Mimpi Ibu yang digelar pada April 2022. Dengan mengundang berbagai pakar keuangan ternama, Flip menjelaskan kiat-kiat bagi perempuan untuk dapat mengelola keuangannya dengan baik melalui teknologi terkini.

Itulah 5 cara menjadi perempuan yang mandiri secara finansial versi Flip. Apakah kamu memiliki kiat lain yang bisa dibagikan untuk perempuan-perempuan lain? Tunggu informasi tips keuangan lainnya dari Flip. (Jal)