4 Ruas Jalan Provinsi di Tebing Tinggi Masuk Kegiatan Musrenbang Provsu 2022

Rabu, 18 Agustus 2021 | 19:51 WIB
Tebing Tinggi, MPOL : Plt Kepala Dinas PUPR Kota Tebingtinggi, Reza Aghista, memberikan penjelasan terkait jalan provinsi yang berada di wilayah Kota Tebingtinggi yang mengalami kerusakan cukup parah, akibat aktivitas pembangunan jalan tol.
Ditemui di Kantor Dinas PUPR Kota Tebingtinggi, Rabu (18/08/2021) Reza mengatakan jalan rusak tersebut merupakan jalan milik Provinsi Sumatera Utara (Provsu). “Kita menerima banyak keluhan dari masyarakat terkait jalan rusak yang berlokasi di Jalan Letda Sujono, Jalan Setia Budi, Jalan Musyawarah dan Jalan Ir. H. Juanda. Jalan ini milik provinsi, sehingga Pemko Tebingtinggi tidak memiliki kewenangan dan alokasi anggaran untuk memperbaikinya,” katanya.
Reza Aghista menyampaikan, Pemko Tebingtinggi telah menyurati Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, melalui Dinas Bina Marga Provsu terkait kondisi dan permasalahan yang ada. “Pemko Tebingtinggi telah berkoordinasi dengan PT. Hutama Marga Waskita selaku pelaksana Pembangunan Jalan Tol Kualanamu-Tebing Tinggi-Kuala Tanjung-Pematang Siantar dan juga Dinas Bina Marga Provsu,” katanya.
Dan PT HMW berkomitmen untuk melakukan perbaikan akibat dampak pembangunan jalan tol tersebut di Kota Tebingtinggi, namun pada tahun ini masih terkendala dengan penundaan pembiayaan yang bersumber dari APBN, sebagai akibat prioritas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Indonesia, ujarnya.
Namun demikian kata Reza, Pemprovsu berkomitmen pada tahun 2022 akan dilakukan perbaikan jalan, dengan memasukkan usulan kegiatan perbaikan 4 ruas jalan ini ke dalam Musrenbang Provsu Tahun 2022.
“Dinas Bina Marga Provsu telah memasukan ke 4 ruas jalan itu sebagai prioritas utama untuk ditangani Dinas Bina Marga Provsu pada 2022. Dinas PUPR Kota Tebingtinggi terus berkomunikasi dan koordinasi dalam setiap pertemuan dengan Dinas Bina Marga Provsu agar nantinya perbaikan 4 ruas jalan ini dapat dilaksanakan,” ucap Reza.
Masyarakat diharapkan dapat bersabar dalam menyikapi kondisi ini. Pemko Tebingtinggi pasti berupaya agar Pemprovsu dapat merealisasikan perbaikan ruas jalan ini di tahun 2022, tutupnya.
Aktifitas Pembangunan Jalan Tol pastinya memberikan dampak yang tidak baik seperti kerusakan jalan ini, namun jika jalan tol selesai pasti akan memberikan dampak peningkatan aksesbilitas masyarakat Kota Tebingtinggi dan juga perekonomian Kota Tebingtinggi, tambahnya. **