Minggu, 08 September 2024

KKSU 2024 Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Produk UMKM

Hendro - Sabtu, 22 Juni 2024 04:14 WIB
KKSU 2024 Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Produk UMKM

Medan, MPOL - Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) kembali menggelar Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 dengan mengkampanyekan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata di dalam negeri.

Baca Juga:
"Tahun ini BI ditunjuk menjadi campaign manager GBBI & GBBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan yang diselaraskan dengan HUT Kota Medan. GBBI dan GBWI di Sumut akan dikemas dalam acara KKSU dengan tema 'Rap Pamajuhon Sumatera Utara' dengan arti bersama-sama memajukan Sumut melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi," jelas Deputi Kepala Perwakilan BI sumut, Yura Djalins pada Bincang Bareng Media (BBM) di Medan, Kamis (20/6).

Ia mengatakan, Harvesting GBBI & GBWI dijadwalkan pada 3 Juli 2024 bertempat di Istana Maimun dilanjutkan dengan rangkaian acara KKSU di Delipark Mall hingga 7 Juli 2024.

KKSU 2024 akan diselenggarakan bersamaan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 yang merupakan ajang pameran investasi di Sumut.

"Berbagai kegiatan NSI yang dirangkaikan berupa pameran proyek investasi dari 13 Kabupaten/Kota di Sumut, selebrasi Letter of Intent (LoI) investasi terkait pariwisata dalam rangka mendukung GBWI, serta one-on-one meeting dengan investor potensial. Rangkaian KKSU diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian target Gernas BBI-BBWI," ungkapnya.

Diantaranya, peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta UMKM pada 2024, peningkatan transaksi penjualan UMKM dengan transaksi Rp50 miliar per daerah, aksi afirmasi belanja dengan target 95 persen belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN), dan Bangga Berwisata di Indonesia dengan target 1,25-1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan Nusantara dan 14,3 juta perjalanan untuk wisatawan mancanegara sepanjang 2024.


"Secara umum, agenda KKSU 2024 meliputi Harvesting Gernas BBI & BWI pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun dengan kegiatan meliputi selebrasi program pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumut dan dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra dan Lebah Begantong. Sementara, KKSU Forum meliputi talkshow dan ada KKSU Competition serta KKSU Fair yang meliputi pameran produk UMKM sektor kopi, kain/wastra, kerajinan dan kuliner, fashion show UMKM binaan dan mitra serta edukasi & sosialisasi," pungkasnya.

Ia menambahkan, ada total 460 UMKM yang akan berpartisipasi dalam KKSU 2024 secara offline di Istana Maimun dan Delipark Mall dan secara online melalui e-catalogue website www.karyakreatifsumut.com. Rangkaian KKSU x NSI Day akan ditutup dengan BMPD Medan Run pada 7 Juli 2024 di Lapangan Benteng yang berkolaborasi bersama perbankan di Sumut. (Dro).

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru