26 Peserta WUBI P.Siantar Batch-II Tahun 2022 Diwisuda, Walikota Apreasiasi BI P.Siantar

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:45 WIB

 

Pematangsiantar, MPOL: Sebanyak 26 peserta Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) Pematangsiantar- Batch II Tahun 2022 diwisuda di Gedung Lt.5 Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) PematangSiantar, Jumat (02/12/2022).

Acara wisuda tersebut dipimpin oleh Walikota Pematangsiantar dr.Hj Susanti Dewayani dan Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar Teuku Munandar.

Salah satu peserta wisudawati WUBI, Sinta dari Batubara dalam testimoninya merasakan perubahan terhadap dirinya setelah mengikuti  pelatihan yang dilatih oleh coach handal pak Mariono.

Dalam pelatihan ini, kami mendapat pelajaran edukasi yang sangat berharga dan terkesan serta terharu  tentunya bermanfaat bagi kami selama mengikuti pendidikan lebih kurang 10 bulan.

Satu kata yang saya ingat ketika kita berjalan untuk menuju visi misi jangan ada satu titik di hati kita itu yang berpikiran negatif atau takut gagal karena apa dengan satu titik pikiran negatif kita itu, akan menghancurkan visi misi kita untuk melangkah lebih jauh dalam usaha, ucap Sinta.

Hal senada juga dikatakan Roy pelaku UKM semenjak mengikuti pelatihan WUBI produk yang digelutinya bertambah omsetnya sekitar 80 persen.

“Tidak akan pernah gagal kalau kita tidak pernah menyerah, tetaplah berjuang dalam mengelola bisnis pasti akan ada waktunya kita turun dan naik, m tapi itu biasa dan jangan pernah berhenti untuk berjuang supaya kita tetap bisa hidup dan kita tidak pernah gagal seperti itu, tutupnya.

Sementara, Kepala Perwakilan BI pematangsiantar Teuku Munandar mengungkapkan, tujuannya pelatihan WUBI Pematangsiantar ini adalah bagaimana merubah mindset para pengusaha di wilayah Sumatera Utara.

“Jadi BI  tidak ada di memberikan bantuan adamemberi bantuan uang, bantuan alat, itu ada betul-betul memang pemikiran bagaimana mindset kawan-kawan itu bisa lebih bagus dari yang sebelumnya, pantang menyerah dan  tidak anti kritik kritik, jelas Teuku Munandar dihadapan para pemimpim BUMN, Perbankan, Kantor Keuangan, Kepala Dinas Koperasi, UMKM & Perdagagan Pemko Pematang Siantar diwakili Sondang Sitanggang

Sementara Walikota Pematangsiantar, dr.Hj.Sunati Dewayani, Sp.A dalam arahan dan bimbingannya mengatakan, kami atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar terkhusus kepada sahabat kami Kepala Kantor BI Pematangsiantar Bapak Munandar yang telah mengambil langkah tepat dengan menyelenggarakan program Budi di tengah tantangan berat yang sedang dihadapi para pelaku usaha mikro kecil menengah ataupun UMKM terlebih akibat pandemi covid 19 ini semoga dengan sesudahnya kurang lebih 30 peserta program WUBI Tahun 2022 setelah menjalani program pengembangan kompetensi sejak Maret 2022 yang lalu dapat bermental morfosa menjadi wirausaha yang berkompeten dan profesional serta mampu menjadikan model bagi pelaku UMKM lainnya terutama di wilayah kerja kantor perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar yang meliputi Pematangsiantar Simalungun Batubara Asahan Tanjung Balai Labuhan Batu Utara Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan atau yang kita kenal dengan sebutan Sisi batas Labuhan.

Selain itu diharapkan agar lulusan program buku ini juga dapat terus berkreasi dan berinovasi di tengah tantangan dunia usaha yang semakin kompetitif dan terdigitalisasi hal tersebut sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu digitalisasi dan kolaborasi untuk membangun pemulihan ekonomi di Tahun 2022.

Pemerintah Kota Pematangsiantar sendiri senantiasa peduli dalam pemberdayaan dan pemberian kesempatan kepada para pelaku UMKM Minggu lalu tepatnya tanggal 24 sampai dengan 26 November 2022 Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan bekerja sama dengan Dekranasda Kota Pematang Siantar telah menggelar kegiatan Gebyar UMKM Pematangsiantar Tahun 2022 di Lapangan Haji Adam Malik.

Gebyar UMKM tersebut merupakan kegiatan promosi pemasaran dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri Kota Pematangsiantar puluhan keluarga Terima kasih puluhan pelaku UMKM diberikan kesempatan melakukan promosi dan pemasaran dalam kegiatan tersebut selama 3 hari pelaksanaan Gebyar UMKM Kota Pematangsiantar tersebut mencatat perputaran uang yang terjadi mencapai 230 juta.

Bisa dibayangkan jika kegiatan tersebut digelar lebih lama lagi, maka sudah pasti perekonomian Siantar semakin meningkat, pungkas mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr Djasamen Saragih Kota Pematang Siantar.

Pantauan Medan Pos, terlihat Walikota dr Susanti Dewayani didampingi Teuku Munandar meyematkan selempang dan memberikan sertifikat kepada wisudawan-wisudawati WUBI. Dan usai acara wisuda, peserta WUBI mempromiskan produk UMKM nya kepada tamu undangan yang hadir pada saat itu. *