Selasa, 22 Oktober 2024

Tukar Uang Pecahan, Ratusan Warga Serbu Mobil Kas Keliling di Lapangan H Adam Malik P.Siantar

Ronald Hutagalung - Selasa, 26 Maret 2024 20:56 WIB
Tukar Uang Pecahan, Ratusan Warga Serbu Mobil Kas Keliling di Lapangan H Adam Malik P.Siantar
Ronald Hutagalung
Walikota P.Siantar dr.Susanti Dewayani didampingi Kepala BI Muqorobin dan Kapolres AKBP Yogen dalam penukaran uang pecahan rupiah.
Pematangsiantar, MPOL : Ratusan warga serbu Lapangan H Adam Malik Kota Pematangsiantar, Selasa (26/03/2024) pagi.

Baca Juga:
Kumpulnya warga Siantar di sana untuk menukar uang pecahan rupiah yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Pematangsiantar bersama perbankan lainnya.

Antusias warga pada hari itu, berbondong-bondong rela mengantri untuk mendapatkan karcis/kartu nomor antrian yang disediakan oleh pihak BI Pematangsiantar.

Pantauan Medan Pos Online, terlihat personil/pegawai Bank Indonesia dengan sabar melayani para warga yang hendak menukarkan uangnya dengan pecahan rupiah baru seperti, Rp 50.000, 20.000, 10.000, 5.000, 2.000 dan 1000.

Menurut salah satu pegawai BI Shanti Hutajulu yang saat itu sedang bertugas melayani para warga mengungkapkan, untuk mendapatkan uang pecahan rupiah baru, pemohon terlebih dulu mendaftar melalui
Aplikasi laman https://pintar.bi.go.id.

Sebelumnya, dalam siaran persnya Kepala BI Perwakilan Pematangsiantar, Muqorobin dalam acara SERAMBI 2024 di Lapangan H Adam Malik mengatakan, pelayanan penukaran uang terpadu bersama perbankan dalam rangka pemenuhan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai dengan kondisi yang layak edar bagi masyarakat pada periode Ramadhan dan Idulfitri 2024, Bank Indonesia melaksanakan kegiatan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan darı Berkah Idul Fitri) Tahun 2024.

Dikatakan Muqorobin, sejak launching pada 18 Maret 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPWBI ) Permatangsiantar melaksanakan SERAMBI melalui kegiatan layanan Kas Keliling dan Kas Keliling Terpadu yang berlangsung hingga 5 April 2024.

Untuk memanfaatkan layanan tersebut, masyarakat diwajibkan untuk melakukan pendaftaran melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Kegiatan Kas Keliling Bank Indonesia di Pematangsiantar telah dilaksanakan di 4 (empat) titik lokasi, yaitu Pasar Horas (18 Maret 2024), Pasar Parluasan (19 Maret 2024), Komplek Megaland (20 Maret 2024) dan Beringin KM-10, depan Rumah Makan (RM) TOP (21 Maret 2024).

Dalam rangkaian kegiatan SERAMBI, selanjutnya akan dilakukan Kas Keliling Terpadu bersama perbankan yang melibatkan 5 (lima) perbankan yaitu PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., PT. Bank Sumut dan PT. Bank Syariah Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 26 Maret-5 April 2024 di Lapangan H. Adam Malik Pematangsiantar dimulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Dengan mendaftar melalui laman https://pintar.bi.go.id, jumlah masyarakat yang akan dilayani dalam kegiatan Kas Keliling Terpadu tersebut mencapai 400 orang per hari.

Masyarakat dapat menukarkan uangnya maksimal Rp4.000.000,- (empat juta rupiah) per orang per hari dengan rincian pecahan sebagai berikut: pecahan (Rp)50.000, (nominal Rp 1.000.000), Rp 20.000, (nominal Rp 1.000.000, untuk pecahan 10.000 (nominal Rp.1.000.000, Rp 5.000. (nominal Rp 500.000, Rp 2.000, nominalnya Rp.400.000, sedangkan 1.000,- Nominalnya Rp 100.000 ,dengan total nominalnya Rp 4.000.000.-

Selanjutnya, Bank Indonesia menghimbau agar masyarakat senantiasa melakukan penukaran Uang Rupiah di loket resmi layanan penukaran Bank Indonesia dan Perbankan.

Hal ini untuk memastikan keaslian dan kelayakan Rupiah yang diterima sekaligus menghindari kejahatan peredaran uang palsu di masyarakat.

Sejalan dengan semangat Paham Rupiah, kepada masyarakat diminta untuk selalu Berbelanja Bijak selama Ramadan dan Lebaran dengan tidak berbelanja dan mengkonsumsi barang secara berlebihan.

Sementara, Walikota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani, SP.A dalam sambutannya mengatakan, program Serambi bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan uang rupiah.

Walikota menghimbau warga untuk belanja bijak, dalam mendukung perekonomian. "Semoga Tingkat inflasi bisa ditekan dalam angka serendahnya agar masyarakat nyaman, aman tidak penuh panik dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, ucap mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar.

Kerja sama selama ini pihak Pemerintah dengan dengan Bank Indonesia selama ini sudah berjalan dengan bagus dalam hal pengendalian inflasi, pungkasnya. **

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Selambo Mencekam, 2 Warga Tewas Dibantai Geng Motor dan Preman Bayaran Diduga Suruhan Mafia Tanah
Tim Kesehatan, Cek Kondisi Personil Satgas dan Warga
Lapas Klas IIA P.Siantar Bagikan Perlengkapan Makan & Minum Kepada Warga Binaan
Ratusan Warga Makan Siang Bersama Abdul Rani Calon Wakil Wali Kota Medan
Abdul Rani Prihatin Banyak Warga Miskin Yang Tidak Dapat Bantuan PKH
Kejar Target, Satgas TMMD Gerak Cepat Kerjakan RTLH
komentar
beritaTerbaru